By Siti Amini at 22.07 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara merawat gigi behel, behel atau kawat gigi sekarang sedang banyak digandrungi oleh kaum muda. Sebenarnya tujuan dari pemasangan behel ini adalah untuk mengubah susunan gigi yang tidak rapi. Sebagian orang merasa tidak nyaman dengan bentuk gigi yang tidak rapi ketika berbicara ataupun tersenyum. Namun sekarang pemasangan behel dilakukan karena ingin mengikuti trend dan sekedar untuk bergaya serta mempercantik penampilan. Seseorang akan lebih menjadi percaya diri ketika ada behel yang terpasang di giginya.

Cara Pasang Kawat Gigi Behel

Sobat, sebaiknya pemasangan behel dilakukan di dokter gigi yang terpercaya. Walaupun harganya tidak murah namun sebanding dengan apa yang akan didapat. Pemakaian behel tidak sebentar, butuh waktu lama tergantung dengan keadaan gigi si pemakai ketika sebelum pemasangan. Perawatannya pun tidak sembarangan. Salah perlakuan malah bisa merusak behel atau mengganggu proses perapian gigi Bahkan membuat gigi menjadi kuning. Sebelum membahas tentang behel ada baiknya sobat mengetahui tentang tips memutihkan gigi. Yuk baca di cara memutihkan gigi kuning secara cepat dan mudah.

Efek Selama Penggunaan Behel
Pada saat pertama kali pemasangan behel pemakai pasti merasakan sakit/nyeri pada daerah mulut dan rahang. Gigi seakan terasa terhimpit dan tertarik – tarik sehingga mengganggu kenyamanan ketika makan. Sakit ini bisa berlangsung hingga 3 hari lamanya.

Tips Merawat Behel Gigi

Penggunaan behel pada gigi perlu mendapatkan perhatian khusus. Perlakuan khusus yang diberikan untuk gigi berbehel diperlukan guna menjaga kebersihan gigi dan menjaga konstruksi behel pada gigi tidak rusak.  Untuk itu, sobat harus mengetahui bagaimana cara untuk merawat gigi berbehel. Berikut tips yang bisa dilakukan:

Menyikat gigi behel

cara merawat gigi behel
Sikatlah gigi 2 kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Sikatlah gigi paling tidak 1 jam setelah makan. Gunakan sikat gigi khusus yang diperuntukkan menyikat gigi behel. Sikat gigi ini bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Sikat gigi khusus gigi behel biasanya tersedia di dokter gigi dan bahkan sekarang sudah tersedia di supermarket. Adapun cara menyikat gigi yang berbehel adalah:

  1. Sikat gigi atas depan seperti biasa, lalu sikat sisi atas behel pada bagian gigi tersebut perlahan. Lakukan hal yang sama pada behel gigi bawah.
  2. Sikatlah gigi demi gigi mengikuti alur gigi dan gusi. Jangan lewatkan gigi bagian dalam dan belakang mulut.
  3. Bersihkan bracket behel dengan cara menyudutkan kepala sikat kearah bracket. Jangan lupa bersihkan bagian bawah behel dan pastikan tidak ada kotoran atau sisa makanan yang menempel.

Hindari makanan yang terlalu keras

Sebaiknya hindari makanan yang bertekstur keras karena dapat mengganggu proses penggeseran gigi dan dapat membuat bracket behel lepas. Jika hendak memakan makanan yang berstektur keras hendaknya dipotong kecil – kecil.


Hindari makanan yang lengket.

Konsumsi makanan yang lengket seperti dodol akan membuat gigi dan behel susah dibersihkan. Jika sisa makanannya menempel pada gigi akan menimbulkan plak sehingga berisiko terkena gigi keropos. Plak yang sudah menjadi karang, apabila menempel pada bracket gigi akan membuat bracket tersebut lepas dari gigi.

Kontrol setiap 1 bulan sekali

Kontrol penting dilakukan setelah pemasangan behel. Biasanya pada pengontrolan gigi dokter melakukan penggantian karet behel pasien. Kontrol behel gigi ini juga bertujuan untuk mengetahui sudah seberapa jauh tahapan penggeseran gigi yang diharapkan. Selain itu melalui kontrol gigi yang rutin dokter bisa menangani keluhan yang dialami pasien selama pemakaian behel, serta mengecek apakah behel yang dipasang bekerja dengan baik atau tidak.

Perbanyak konsumsi vitamin C

Apa hubungannya konsumsi vitamin C dengan gigi behel? Seorang yang memakai behel rentan terkena sariawan akibat gesekan dari behel dengan dinding dalam mulut. Kawat yang berada di ujung dalam mulut juga terkadang dapat menusuk dinding mulut akibat adanya pergeseran gigi sehingga ujung kawat menjadi bertambah panjang, hal ini juga menyebabkan sariawan atau luka dalam mulut. Oleh karena itu perbanyaklah konsumsi vitamin C dan sediakan obat sariawan untuk mengatasinya. Jika sobat tidak mau ujung kawat melukai dinding mulut sebaiknya siapkan wax ortho, yang berupa lilin guna menutupi bagian behel yang tajam.

Hal yang Wajib Dilakukan Selama Menggunakan Behel

Rajinlah membersihkan gigi setiap kali selesai makan. Oleh karena itu bawalah selalu sikat gigi khusus behel ketika berpergian. Jika perlu pakailah dental floss untuk membersihkan sisa makanan di sela – sela gigi. Hindari minuman yang bersoda. Minuman bersoda memiliki kandungan karbondioksida yang bersifat asam yang menyebabkan pembentukan plak di sekitar kawat gigi.

Hal yang Jangan Dilakukan Selama Menggunakan Behel

Jangan mencoba mengotak – atik dengan melepas atau menyetel ulang behel yang sudah terpasang. Jika merasa tidak nyaman mintalah bantuan dari dokter gigi terpercaya. Jangan memakan makanan seperti permen karet, keripik, kerupuk keras, daging yang liat.

Itu tadi beberapa tips cara merawat gigi behel yang bisa sobat coba untuk merawat kesehatan dan kebersihan behel sobat.

Artikel yang tidak kalah menarik untuk sobat baca:



Selamat mencoba, semoga berhasil.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar