By Siti Amini at 15.49 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara merawat gigi. Gigi adalah salah satu bagian organ tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Selain untuk mengunyah makanan, gigi juga mempunyai fungsi estetika. Perawatan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya. Jika gigi rusak maka fungsi estetika, kesehatan serta kenyamanan pemilik juga terganggu. Kerusakan gigi dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang menjalar ke organ lain. Oleh sebab itu perawatan sejak dini perlu dilakukan. Jangan menunggu terjadinya kerusakan sehingga menimbulkan infeksi yang sangat merugikan. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Simaklah tips di bawah ini untuk mendapatkan gigi yang sehat.

Cara Merawat Gigi

Cara Merawat Gigi Berbehel

Kalo sobat adalah pengguna behel pada gigi, ada baikna sobat mengetahui bagaimana tips cara merawat gigi yang berbehel. Karena gigi yang memakai behel membutuhkan perawatan khusus mulai dari menyikat bahkan untuk memilih makanan. Tentang bagaimana cara merawat gigi berbehel bisa sobat baca di Tips Cara Merawat Gigi Behel Secara Tepat

Cara Merawat Gigi yang Benar

Berikut ini adala beberapa tips cara merawat gigi dengan benar, simak yuk

Rajin menggosok gigi

Gosok gigi merupakan hal sederhana namun sering diabaikan oleh banyak orang. sebaiknya sikatlah gigi setidaknya 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Ada baiknya juga agar menggosok gigi setelah selesai makan. Namun sebainya jangan terlalu sering menggosok gigi karena bisa menyebabkan lapisan email gigi menjadi terkikis.

Gunakan sikat yang berbulu halus. Gosok gigi sobat setidaknya selama kurang lebih 3 menit untuk memastikan semua sisa makanan dalam mulut hilang. Gosok gigi dengan cara yang benar mengikuti alur gusi. Jangan lupa untuk menggosok gigi di bagian paling dalam mulut. Karena biasanya gigi bagian paling dalam mulut merupakan bagian yang sering terlupakan sehingga sering terjadi penumpukan plak di sana. Sebaiknya ganti sikat gigi setelah dipakai selama 2 bulan.

Gunakan pasta gigi yang mengandung zat untuk kesehatan gigi

Jangan terbujuk dengan pasta gigi yang menawarkan gigi menjadi putih. Gigi putih memang merupakan idaman bagi semua orang, namun yang lebih utama adalah kesehatan gigi. Jika gigi sehat maka keinginan untuk menjadikan gigi putih bisa diwujudkan. Sebaiknya gunakan pasti gigi yang mengandung bahan yang baik untuk gigi seperti fluoride atau kalsium.

Gunakan obat kumur 

Tidak ada salahnya jika selain teratur menggosok gigi, merawat gigi dengan menggunakan obat kumur yang yang telah banyak dijual di swalayan bisa dicoba. Obat kumur yang ditawarkan burguna untuk mengurangi plak yang ada di gigi. Cukup gunakan obat kumur seminggu sekali. Penggunaan yang terlalu sering akan menyebabkan terbunuhnya bakteri baik.

Dental floss

Dental floss (benag gigi) adalah benang tipis yang terbuat dari nilon, plastik, atau pita sutra. Ada yang memiliki rasa, dilapisi lilin atau dental floss biasa. Dental floss digunakan untuk membuang sisa – sisa makanan dan plak diantara gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.  Lakukan flossing setidaknya sehari sekali.


Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang membantu mebersihkan gigi dan sisa makanan yang menempel di gigi karena teksturnya yang keras. Buah – buahan yang mengandung vitamin C bagus untuk menjaga kesehatan gusi. Sayuran yang mengandung vitamin A membantu pembentukan lapisan email gigi.

Hindari teh dan kopi berlebih

Konsumsi teh memang baik bagi tubuh, namun sebaiknya jangan konsumsi terlalu sering. Teh dan kopi akan membuat gigi menjadi kuning. Kandungan tanin pada teh dan kopi bisa merubah warna lapisan terluar gigi. Begitupun dengan minuman yang berwarna lainnya. Penambahan gula yang berlebihan juga menyebabkan gula mudah menempel di gigi sehingga mengakibatkan penyakit gigi dan gusi. Gula yang masuk ke dalam mulut akan bereaksi dengan bakteri mulut kemudian menjadi plak dan selanjutnya membentuk asam yang akan melemahkan email gigi.

Periksa gigi 6 bulan sekali

Periksalah gigi paling tidak 6 bulan sekali. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mencegah, mendeteksi dini apabila ada kelainan dan agar segera mendapatkan perawatan gigi sebelum keadaan menjadi semakin parah. Jika pada saat kontrol keadaan gigi sudah bermasalah maka bisa jadi terlambat. Perawatan gigi seperti teratur menggosok gigi dapat mengontrol perkembangan bakteri dalam mulut. Namun sewaktu – waktu bakteri normal dalam mulut berkembang menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan infeksi mulut.

Cara Merawat Gigi Sensitif

Jika gigi sobat termasuk gigi yang sensitive maka perlu perhatian khusus. Rawatlah gigi seperti perawatan di atas. Ditambah gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Kurangilah makanan atau minuman yang mengandung asam, terlalu panas atau terlalu dingin. Hindari konsumsi makanan manis karena dapat menyebabkan rasa ngilu yang hebat. Hindari juga kebiasaan menggertakkan gigi saat sedang diam dan saat tidur.



Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar