By Siti Amini at 22.20 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Salep luka bakar. Luka bakar atau combustio merupakan jenis luka pada jaringan kulit yang diakibatkan oleh api, bahan kimia, uap panas, atau radiasi. Luka terkena knalpot juga disebut dengan luka bakar. Luka bakar ini dibagi berdasarkan derajat luka bakarnya.

Derajat Luka Bakar

Pembagian derajat luka bakar dibedakan berdasarkan kedalaman dan luas luka bakar. Berdasarkan grade atau derajatnya luka bakar ini dibagi menjadi beberapa grade, yaitu:

Luka bakar grade 1
Pada grade ini, luka bakar hanya terkena pada lapisan kulit paling atas atau lapisan epidermis. Luka bakar grade 1 ini menimbulkan rasa yang sangat nyeri, selain itu pada grade ini luka bakar juga menyebabkan kulit menjadi merah dan tampak membengkak. Kulit yang terkena luka bakar biasanya melepuh dan berisi cairan.

Luka bakar grade 2
Pada grade ini luka bakar lebih dalam lagi dari pada grade 1. Kulit yang terkena luka bakar ini juga terjadi melepuh dan berisi cairan. Kulit yang terkena tampak kemerahan dan menimbulkan rasa yang sangat sakit.

Luka bakar grade 3
Pada grade ini luka bakar terjadi lebih dalam. Luka bakar ini dapat sampai mengenai sampai lapisan dermis dan lapisan dibawahnya. Sampai ke otot, tendon. Pada grade ini Luka bakar tidak menimbulkan rasa nyeri karena syaraf yang ada di kulit sudah rusak akibat terbakar. Pada grade ini sering kali terjadi komplikasi yaitu resiko infeksi dan juga kekurangan cairan pada tubuh akibat terlalu banyak cairan yang keluar.




Cara Menghitung Derajat Luka Bakar

Cara menghitung derajat luka bakar yang masih sering digunakan di rumah sakit adalah rumus rule of nine. Rumus ini menggunakan bantuan telapak tangan dari si penderita untuk pengukurannya. Setiap 1 telapak tangan dihitung 1%.

Seteah mengetahui luas dari luka bakar, yang sangat penting untuk diperhatikan adalah mencegah komplikasi syock karena kekurangan cairan. Agar cairan yang diberikan tidak kurang atau berlebihan, dalam memberikan cairan harus memperhatikan rumusnya yaitu ( 4x luas luka bakar x berat badan).


salep luka bakar


Salep Luka Bakar

Biasanya setelah terjadi luka bakar pada kulit, memberikan salep adalah pilihan yang paling banyak di gunakan. Beberapa jenis salep luka bakar yang bisa sobat pilih antara lain:

Bioplacenton

Salep luka bakar yang satu ini mengandung Neomycin Sulphate 0,5% dan juga ekstrak placenta 100 mg. Neomycin Sulphate ini berfungsi sebagai antibiotik pada luka yang bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi atau peradangan. Sedangkan kandungan placenta berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan membantu meregenerasi kulit agar kembali kebentuk yang semula. Salep luka bakar ini sangat dianjurkan untuk luka bakar derajat 1.

Burnazin

Salep ini mengandung silver suphadiazine 10 mg. Burnazin ini adalah salep anti mikroba yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka bakar. Salep ini pemakaiannya dianjurkan untuk derajat luka bakar grade 2 atau grade 3.

Nutrimoist

Krim yang satu ini juga sangat membantu dalam proses penyembuhan luka bakar.

Itu tadi beberapa salep luka bakar yang saya ketahui. Kalau sobat punya info lain seputar luka bakar, silahkan di share.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Bekas Luka Cepat dan Mudah


Selamat membaca.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar:

  1. Ada juga nih produk Salep Kulit Guci Pusaka bisa untuk menghilangkan bekas luka,luka bakar panas matahari,flek hitam,bekas jerawat,meratakan warna kulit,biang keringat,bekas cacar,noda hitam pada ketiak dan selangkangan,juga perawatan dan pengobatan pada penyakit kulit panu, kutu air, eksim & psoriasis, berbagai jenis alergi kulit, gatal – gatal, bintik kemerahan.,,Dengan Harga terjangkau dan kualitas yang bagus,,jarang2 kan ada produk murah berkualitas,,

    BalasHapus