By Siti Amini at 22.35 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati gondongan secara mudah tanpa obat kimia. Gondongan merupakan salah satu penyakit yang dikenal oleh masyarakat luas sejak dulu kala. Penyakit yang bahasa medisnya disebut dengan parotitis atau mumps ini disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) dan menyebabkan pembengkakan. Kelenjar parotis terletak di antara telinga dan rahang. Sehingga seorang yang menderita gondongan akan terlihat adanya pembengkakan di daerah atas leher dan bawah pipi. Penyakit ini cenderung banyak menyerang anak – anak usia 2 – 12 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang di atas usia tersebut juga bisa terserang gondongan. Pada orang dewasa infeksi pada kelenjar parotis juga bisa menyerang bagian tubuh lain seperti system syaraf pusat, payudara, pancreas, prostat, dan skrotum.

cara mengobati gondongan

Penyebab Penyakit Gondongan

Gondongan disebabkan karena adanya infeksi virus, yaitu Paramyxovirus, yang menyerang kelenjar ludah. Gondongan dapat menular melalui percikan air ludah penderita, misalnya melalui bersin, percikan ludah ketika berbicara, ciuman, dan batuk. Seperti pada penyakit akibat virus yang lain, penyakit gondongan dapat timbul ketika daya tahan tubuh seseorang menurun.

Tanda dan Gejala Penyakit Gondongan

Awal virus menyerang penderita tidak merasakan tanda dan gejala apapun. Namun setelah 2 hingga 3 minggu akan muncul tanda dan gejala gondongan. Tanda seseorang terserang gondongan bisa dideteksi oleh orang awam, diantaranya adalah:

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Nyeri pada rahang bagian belakang
  • Rahang terasa kaku
  • Nyeri saat mengunyah dan menelan
  • Timbul bengkak di daerah atas leher sampai sekitar rahang, bisa terjadi di salah satu sisi leher (kanan atau kiri) maupun di keduanya sekaligus.


Cara Mengobati Gondongan

Sebenarnya gondongan dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh si penderita dengan mengurangi rasa demam yang dialami. Karena gondongan menyebabkan penderita merasa sakit ketika mengunyah dan menelan makanan maka sebaiknya seorang yang sedang mengalami gondongan diberikan makanan lunak yang mudah ditelan. Penderita cukup beristirahat selama terdapat demam dan pembengkakan. Pemberian obat pereda nyeri seperti parasetamol atau aspirin boleh diberikan apabila diperlukan. Namun jangan diberikan kepada anak – anak karena akan berisiko mengalami sindrom Reye. Sindrom reye adalah penyakit yang mempengaruhi semua organ tubuh, dan yang paling mematikan hati dan otak.

Sebaiknya penderita gondongan menghindari jenis makanan atau minuman yang asam agar tidak memperparah rasa perih yang dirasakan. Mengompres dengan menggunakan air hangat atau air dingin bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri. Penderita gondongan dianjurkan untuk banyak minum air putih. Penderita gondongan yang berusia di atas 12 tahun sebaiknya diberikan gamma globulin sekitar 20 cc untuk melindungi diri dari terjadinya peradangan pada testis. Pemberian hydrocortisone dapat digunakan untuk membantu mengurangi terjadinya peradangan yang sangat hebat.

Ada juga ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan gondongan. Ramuan ini terdiri dari 5 gram adas, 10 gram kencur, 20 gram kunyit, 10 gram temu ireng, 20 gram temulawak, dan 10 gram tapak dara. Pertama – tama cuci sampai bersih semua bahan. Rebus ke dalam air dengan takaran sebanyak 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan air tersisa setengah dari volume semula. Kemudian saring dan minum air ramuan tersebut pada pagi dan malam hari. Bisa juga ditambahkan dengan madu murni untuk menambah rasa.

Pencegahan Gondongan

Gondongan bisa dicegah dengan memberikan imunisasi atau vaksinasi MMR. Pemberian imunisasi dilakukan pada saat usia 12 bulan, kemudian dilanjutkan pada saat usia 4 tahun. Vaksinasi juga bisa diberikan kepada pria yang sebelumnya belum pernah menderita gondongan saat masih kecil. Jauhkan penderita gondongan dari orang sehat. Jika terpaksa maka sebaiknya ketika berinteraksi dengan orang lain, penderita gondongan hendaknya menggunakan masker untuk menghindari cipratan droplet (air ludah) kepada orang yang sehat.

Itu tadi beberapa cara mengobati gondongan yang bisa sobat coba sendiri di rumah.

Info lain yang wajib sobat baca:

1. Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami dan Aman


Selamat mencoba, semoga lekas sembuh.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar