By Siti Amini at 21.39 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati mata bengkak secara almi, mudah dan juga cepat. Kulit di area mata merupakan kulit yang sensitive dan tipis. Apabila terjadi sedikit saja pembengkakan di daerah tersebut pasti terlihat. Bengkak pada mata bisa disebabkan oleh banyak hal, diantarnya adalah karena infeksi mata, usai menangis sampai dengan adanya cedera di sekitar mata. Mata yang membengkak bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu perlu di atasi dengan segera. Sebelum mencoba mengobatinya, tidak ada salahnya sobat untuk mengetahui penyebab terjadinya bengkak itu sendiri.

cara mengobati mata bengkak

Penyebab Mata Bengkak

Beberapa hal yang dapat menyebabkan mata sobat menjadi bengkak antara lain:

Menangis. Siapa yang tidak pernah menangis? Biasanya seorang yang menangis dalam waktu yang lama akan membuat mata bengkak karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.

Kurang tidur. Waktu tidur yang singkat karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau hanya sekedar begadang dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kelelahan pada mata, dan hal ini dapat menyebabkan mata membengkak.

Flu dan sinusitis. Beberapa orang ada yang mempunyai penyakit sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi di sekitar rongga hidung, ditandai dengan gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah. Saat terjadi flu atau terjadi sinusitis, akan timbul retensi cairan pada kelenjar mata sehingga menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata.

Genetik. Sobat pernah melihat seseorang yang matanya terlihat bengkak walaupun dia tidak sedang menangis ataupun tidak sedang kekurangan tidur? Mungkin orang tersebut mempunyai bentuk mata yang demikian karena faktor genetik atau keturunan.

Diet. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya akan menyebabkan tubuh menahan banyak cairan dan membuat mata bengkak.

Usia. Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit tipis di sekitar mata akan kehilangan elastisitasnya dan aakan menggantung sehingga terlihat seperti membangkak.

Perubahan hormone. Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi dan kehamilan dapat memicu timbulnya mata bengkak. Begitu juga dengan menopause akan menyebabkan retensi cairan di jaringan subkutan di bawah mata.

Konsumsi narkoba, rokok dan alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan, pamakaian narkoba dan merokok membuat mata berwarna merah dan memicu bengkak di bawah mata.

Cedera pada area mata atau sekitar kelopak mata. Terjadinya cedera pada daerah mata akan membuat mata menjadi lebam. Hal ini tentu dapat membuat kelopak mata sobat menjadi bengkak.

Gigitan serangga di area sekitar mata. Beberapa jenis serangga dapat meninggalkan bekas bentol setelah menggigit tubuh kita. Jika terjadi didaerah mata, tentu akan membuat mata menjadi membengkak.

Reaksi alergi terhadap obat. Reaksi alergi dengan beberapa jenis obat tertentu akan membuat kulit menjadi seperti lebab dan bintik bintik merah yang juga akan mempengaruhi bentuk mata sehingga mata menjadi membengkak.

Polusi pada lingkungan tempat tinggal. Polusi akan membuat mata mudah teriritasi sehingga mata menjadi membengkak karena reaksi inflamasi.



Cara Mengobati Mata Bengkak 

Beberapa cara yang bisa sobat lakukan sebagai cara mengobati mata bengkak agar dapat kembali nrmal seperti semula diantaranya antara lain:

Dengan Mengompres

Cara paling mudah untuk mengatasi mata bengkak adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. hal ini bisa dilakukan dengan cara merendam handuk kecil ke dalam air dingin kemudian dikompreskan di mata atau dengan mengompresnya menggunakan kantung plastik yang diisi dengan es batu.

Memakai Mentimun

Apakah biasanya sobat melihat seseorang yang sedang memakai masker wajah kemudian pada matanya ditutupi dengan mentimun? Hal itu dilakukan untuk mengurangi bengkak pada mata. Caranya adalah dengan mendinginkan irisan mentimun di dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit, setelah itu tempelkan mentimun ke mata.

Baca juga: Cara Termudah Menghilangkan Mata Panda atau Kantung Mata

Memakai Teh celup

Sediakan teh celup kemudiann seduh dengan air panas. Angkat teh celup tersebut lalu diamkan sebentar hingga menjadi hangat. Tempelkan pada mata yang bengkak dan tutup dengan kain selama 5-10 menit.

Memakai Kentang

Selain dengan menggunakan mentimun, kentang juga bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, kupas kentang dan cuci bersih, dan biarkan mongering. Setelah itu parut kentang. Parutan kentang lalu dibungkus dengan menggunakan kain kemudian kompreskan pada mata.

Memakai Obat tetes mata

Sobat bisa mengurangi bengak pada mata dengan menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata sudah banyak dijual di berbagai apotek. Pastikan untuk membeli obat tetes mata yang sudah terpercaya. Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada di dalam brosur kemasan.

Memakai Krim

Apabila dengan menggunakan cara alami di atas belum membuahkan hasil maka bisa dicoba dengan menggunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein. Krim ini akan membnatu mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi pembengkakan. Oleskan krim tersebut di kulit bawah mata.

Hindari konsumsi garam

Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam. Karena makanan tinggi garam mengandung natrium yang menyebabkan peningkatan retensi air yang menyebabkan mata menjadi lebih bengkak. Namun ternayata garam dapat digunakan untuk mengurangi bengkak melalui pengobatan dari luar. Caranya campur setengah sendok teh garam dengan seperempat liter air. Kemudian celupakn kapas ke dalam larutan garam dan komprekan pada mata.
Sobat, apabila semua cara yang telah dilakukan di atas tidak membuahkan hasil maka sebaiknya sobat memeriksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan pertolongan yang tepat.

Baca juga:


1. Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Alami dan Mudah

2. Cara Menghilangkan Kerutan Wajah Secara Mudah dan Cepat

  Itu tadi beberapa cara mengobati mata bengkak yang wajib sobat coba. Jangan lupa share ya kalau dirasa bermanfaat. Selamat mencoba, terimakasi sudah berkunjung.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: