By Siti Amini at 21.24 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Penyebab sakit ginjal yang wajib sobat ketahui agar terhindar dari penyakit yang satu ini. Ginjal merupakan organ vital yang sangat besar sekali pengaruhnya untuk tubuh kita. Banyak sekali fungsi ginjal di dalam tubuh kita. Diantaranya yaitu menjaga keseimbangan cairan dengan memproduksi dan mengeluarkan urine, menjaga keseimbangan asam basa, membentuk sel darah merah.

Mengingat begitu besar fungsi ginjal untuk tubuh kita, sudah pasti kita harus menjaga organ yang satu ini. Karena kebiasaan kita yang kurang baik ginjal dapat mengalami kerusakan. Setelah mengalami kerusakan, ginjal tidak akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik shingga memerlukan bantuan yang biasa disebut hemodialisa atau cuci darah.

penyebab sakit ginjal11

Penyebab Sakit Ginjal

Penyakit ginjal, pada umumnya akan terjadi karena kebiasaan pola hidup kita yang kurang sehat. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit ginjal ada beberapa hal, disini akan kita kupas semua untuk sobat.

Faktor Penyebab Penyakit Ginjal

Pada kasus gagal ginjal akut, fungsi ginjal akan menurun dengan cepat. Penyebabnya diantaranya aalah berkurangnya aliran darah ke ginjal, dehidrasi akut, asupan cairan yang buruk, penggunaan obat diuretic yang memicu pengeluaran cairan secara berlebihan, serta aliran darah dari dan menuju ginjal yang abnormal karena penyumbatan arteri atau vena ginjal. Penyebab lain dari terjadinya penyakit ginjal adalah:

Konsumsi obat jangka panjang

Obat bisa menyembuhkan penyakit namun konsumsi dalam jangka panjang dapat merusak kerja ginjal. Obat anti inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen yang dikonsumis dalam jangka panjang menyebabkan peradangan ginjal. Beberapa obat antibiotic seperti aminoglikosida juga akan memperberat kerja ginjal.



Peradangan pada glomerulus

Glomerulus adalah bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring berbagai zat yang elewati ginjal. Apabila terjadi peradangan maka fungsinya menjadi terganggu.

Kerusakan pada otot

Adanya kerusakan otot dan serat otot dalam tubuh dapat menyumbat system penyaringan ginjal. Hal tersebut terjadi karena trauma, luka parah atau luka bakar. Penggunaan obat untuk kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan keadaan ini.

Kebiasaan hidup tidak sehat

Kebiasaan terlalu sering minum minuman suplemen ataupun minuman bersoda dan berpebgawet buatan, tanpa diimbangi dengan minum air putih yang cukup akan menyebabkan ginjal kewalahan dalam menetralisir racun. Glomerulus akan rusak dan lama kelamaan akan terjadi gagal ginjal.


Diabetes


Penyakit diabetes milirus lama kelamaan akan menyebabkan gagal ginjal jika kadar gula tidak terkendali. Dimana darah menjadi kental ssehingga glomerulus akan kewalahan dalam menyariing darah. Bagaimana cara mengontrol diabetes, baca yuk cara mengatasi diabetes alami tanpa obat.

Konsumsi obat diet yang berlebih

Kebanyakan obat diet akan membuat pemakainya sering kencing. Hal ini karena efek samping obat yang memaksa ginjal untuk mengeluarkan air dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan cairan dan lama kelamaan ginjal akan rusak.

Itulah tadi beberapa penyebab penyakit ginjal yang harus sobat ketahui dan juga sebisa mungkin sobat hindari. Satu - satunya jalan agar ginjal yang rusak dapat tetap melakukan tugasnya dengan baik yaitu dengan bantuan hemodialisa. Atau jika sobat tidak suka melakukan hemodialisa, sobat dapat memilih untuk transplantasi ginjal yang biayanya sampai ratusan juta.

Baca juga:

Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Ginjal

Hem dapat membayangkan bukan betapa mahalnya arti sebuah kesehatan. Maka dari itu sayangi tubuhmu.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar