By Siti Amini at 20.24 , have 9 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi kesemutan yang sering terjadi di kaki secara alami, cepat dan mudah. Setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan. Kesemutan memang bukanlah penyakit, namun rasa yang ditimbulkannya cukup tidak nyaman. Bagian badan yang kesemutan akan terasa seperti tertusuk – tusuk jarum yang banyak, kaku, dan atau seperti tersengat listrik. Sebagian besar orang selalu mengabaikan adanya kesemutan yang dirasakan, karena memang pada dasarnya kesemutan tersebut bisa menghilang dengan sendirinya. Namun apabila intensitas kesemutan tersebut semakin tinggi, semakin lama semakin sering serta bidang cakupannya yang meluas dikhawatirkan kesemutan yang dialami merupakan gejala dari penyakit yang cukup serius.

Cara Mengatasi Kesemutan

Sebelum mengetahui tentang cara mengatasi kesemutan, sobat juga perlu tahu bagaimana kesemutan terjadi?

Cara mengatasi kesemutan
Kesemutan terjadi karena adanya gangguan fungsi pada serabut syaraf. Gangguan juga bisa mengenai system syaraf tepi, sel syaraf yang berada di sumsum tulang, atau di sepanjang syaraf tepi. Pada awal terjadi kesemutan akan terasa di bagian ujung badan yang biasa mengalami kesemutan. Kesemutan pada tangan bisa terjadi pada salah satu tangan atau salah satu kaki saja dan pada kedua tangan sekaligus atau kedua kaki sekaligus.

Kesemutan di salah satu tangan bisa terjadi sesaat atau yang bertahan lama. Kesemutan yang bersifat sesaat timbul karena gangguan aliran arah, tapi jika kesemutan tersebut bersifat bertahan lama terjadi karena cedera pada syaraf, syaraf terjepit, dan stroke. Penyakit yang dapat berkaitan diantaranya adalah Carpal Tunnel Syndrom (CTS), trauma atau perlukaan yang membuat cedera syaraf, Herpes Zoster, kesemutan karena stroke, atau tumor otak. Sedaangkan kesemutan yang terjadi di kedua tangan atau kedua kaki bisa disebabkan karena:

Adanya diabetes
Diabetes dengan gula darah tinggi yang tidak terkontrol akan menyebabkan kerusakan syaraf perifer yang salah satunya ditandai dengan kesemutan.

Kekurangan vitamin
Vitamin E, B1, B6, B12 an niasin dibutuhkan untuk menjaga kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa, dimana anemia tersebut bisa menimbulkan neuropati perifer. Tapi jika terlalu banyak vitamin B6 di dalam tubuh juga bisa menimbulkan kesemutan di tangan dan kaki.

Alkoholisme
Sesorang yang sering mengkonsumsi alkohol akan menderita kekurangan vitamin  B1 sehingga menimbulkan neuropati perifer.

Penyakit autoimun (sindrom Guillaain-Barre, lupus dan rheumatoid arthritis)

Kelainan bawaan (penyakit Charcot-Marie-Tooth)


Tips Mudah Mengatasi Kesemutan

Kesemutan dapat diatasi dengan cara:

  1. Memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan, seperti dengan menggerak – gerakkan tubuh yang kesemutan secara perlahan atau dengan memijatnya.
  2. Konsumsi vitamin B1, B6, an B12. Vitamin ini membantu memperbaiki fungsi syaraf dan berfungsi sebagai zat pengantar metabolisme tubuh. Ketiga vitamin tersebut tidak dapat diprouksi oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi melalui makanan.
  3. Menghindari minuman beralkohol karena minuman beralkohol dapat menyebabkan defisiensi vitamin B terutama vitamin B1.

Adapun tips yang bisa dilakukan oleh sobat apabila terjadi kesemutan adalah:

Kesemutan pada tangan

Kesemutan pada tangan disebabkan oleh karena terhambatnya aliran darah yang mengalir ke syaraf – syaraf pada tangan. Kesemutan pada tangan biasanya timbul ketika seseorang sedang dalam posisi tidur dan terkadang tidak menyadari bahwa tangan terhimpit atau tertindih dengan badan. Bisa juga terjadi karena aktivitas lain dimana tangan menopang atau memegang suatu benda terlalu lama. Untuk mengatasinya, sobat bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Segera posisikan tangan pada posisi yang nyaman.
  • Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada tangan kanan.
  • Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan tangannya seperti tertusuk – tusuk dan ketika tangan dipindahkan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.


Kesemutan pada kaki

Seperti kesemutan pada tangan, kesemutan pada kaki juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah ke syaraf kaki. Kesemutan yang terjadi di kaki biasanya karena terlalu lama duduk bersila atau ketika kaki tertindih terlalu lama. Untuk mengatasinya, ada tips yang bisa sobat praktekkan, diantaranya adalah:

  • Segera posisikan kaki dalam keadaan nyaman
  • Jika kesemutan terjadi pada kaki kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol tangan kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada kaki kanan.
  • Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan kakinya seperti tertusuk – tusuk dan ketika kaki dipindah posisikan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi kesemutan yang bisa sobat lakukan untuk meringankan dan juga menghilangkan gejala kesemutan yang biasanya seringkali terjadi dan cukup mengganggu.

Info menarik yang wajib sobat baca:



Selamat mencoba. Jangan lupa di share ya kalu sobat merasa info ini cukup bermanfaat.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

9 komentar:

  1. Mohon share..info yg bgs..sbb sy sring rse ksemutan..mhkn krna kkrungan vtmin..

    BalasHapus
  2. Trima kasih info sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  3. Saya akhir2 ini suka kesemutan dikaki kiri, pernah sewaktu bangun tidur kaki kiri saya seperti kebas dan diberdirikan tidak ada rasa. Setelah dibawa jalan rasa kesemutanya sangat mengganggu. Tapi tidak lama langsung menghilang. Sebaiknya says berobat ke dokter syaraf langsung atau ke dokter umum dulu ya? Terimakash

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke dokter syaraf gpp.

      Hapus
    2. Jentikkan jempol itu gerakan yg bgmn ya? Trims

      Hapus
  4. terimakasih atas informasinya

    BalasHapus