By Siti Amini at 04.45 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara menanam melon dengan tepat agar menghhasilkan buah yang besar dan melimpah. Buah melon memang cukup lezat untuk di makan, lebih lezat lagi kalau dibuat jus melon. Melon yang cukup dikenal masyarakat indonesia ini sebenarnya bukanlah buah yang tumbuh asli dari wilayah indonesia. Melon ini pada walnya tumbuh di dataran persia.

Cara Budidaya Melon

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi kalau sobat menginginkan untuk membudidayakan melon ini. Mulai dari pemilihan bibit, perawatan bahkan lahan tempat melon akan ditanam atau di budidayakan.

cara menanam melon

  1. Hindari lahan yang akan sobat gunakan untuk menanam melon merupakan lahan yang terlalu terbuka dan tertiup angin kencang, karena hal tersebut akan mematahkan pohon melon.
  2. Pilihlah lahan yang selalu mendapat sinar matahari sepanjang hari
  3. Suhu untuk menanam melon berkisar antara 20 sampai 30 derajat, hal ini karena melon menyukai kondisi yang sejuk dan kering
  4. Hujan yang deras dan dengan intensitas yang terlalu sering kurang baik untuk melon karena akan merontokkan calon buah
  5. Melon dapat tumbuh dengan sangat baik pada kisaran ketinggian 350 - 950 mdpl
  6. Tanah yang paling baik untuk membudidayakan melon adalah tanah liat yang sedikit berpasir dan mengandung unsur hara yang cukup banyak
  7. PH tanah untuk tanaman melon antara 5 - 7


Cara Menanam Buah Melon

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memulai proses pembibitan melon. Pembibitan dapat sobat lakukan dengan menggunakan plastik polybag. Bibit melon dalam polybag dapat kita pindahkan ke lahan penanaman benih setelah berumur sekitar 10 hari.

Langkah yang paling penting selanjutnya adalah penanaman bibit melon. Bibit melon yang sudah berusia 10 hari tadi kita ambil dan di tanam di lahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Usahakan penanaman melon di buat lurus agar melon mudah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Musim kemarau adalah saat yang paling tepat untuk memulai budidaya melon ini, karena hujan akan sangat jarang sekali turun. Atur jarak menanam melon sekitar 60 sampai 70 cm. Buat lubang untuk menyemaikan benih sekitar 8 cm. Setelah selesai penanaman, kita tinggal merawat dan memberikan pupuk agar melon dapat tumbuh dengan subur. Melon biasanya sudah bisa di petik ketika sudah berumur sekitar 3 bulan setelah masa tanam.

Bagaimana mudah bukan cara menanam melon tadi? Selain bisa menjadi hobi, menanam melon juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Baca juga:

Beginilah Proses Terjadinya Global Warming

Cara Jitu Mengatasi Global Warming

Selamat mencoba
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar