By Siti Amini at 21.05 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat chicken nugget ala rumahan yang mudah, enak dan lezat. Siapa yang tak tahu chicken nugget? Hampir semua orang pasti sudah tahu makanan yang bahan dasarnya dari ayam ini. Rasanya yang gurih dan lezat benar-benar jadi favorit siapa saja, terutama kalangan anak kecil yang masih sulit untuk makan sayur-sayuran.

Memang tak perlu repot-repot untuk mendapatkan chicken nugget saat ini. Sobat hanya tinggal berlari ke mini market terdekat untuk membeli sebungkus chicken nugget dalam kemasan yang tersedia dengan berbagai merek dan rasa. Bila sobat malas membeli versi kemasan, sobat juga bisa mendapatkan nugget lewat resto-resto cepat saji meski harganya tentu lebih mahal dibandingkan jika sobat membeli 1 bungkus nugget kemasan.

Tapi, sehatkah nugget dalam kemasan atau nugget-nugget yang dijual di restoran cepat saji tersebut? Kita tidak akan pernah tahu bahan-bahan apa saja yang dimasukkan di dalamnya karena kita tak ikut mengolahnya. Bila melihat dari kemasannya saja sobat pasti bisa menemukan bahan pengawet juga ikut ditambahkan dalam nugget-nugget merek terkenal di luar sana. Bila tidak ada bahan pengawet di dalamnya, bagaimana nugget tersebut bisa tahan hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan? Tentu tidak mungkin kan?

cara membuat chicken nugget

Resep Membuat Chicken Nugget di Rumah

Walau bahan pengawet tersebut bisa berguna untuk membuat makanan menjadi lebih tahan lama, tentunya efek zat kimia tidak baik bagi tubuh kita apalagi anak-anak yang mengkonsumsinya. Bagaimana dampak memakan nugget dalam kemasan tersebut untuk jangka panjang? Tentu tidak bisa sobat bayangkan seberapa banyak dampak negatifnya bagi kesehatan.

Daripada galau soal bahan pengawet, mengapa tak sobat coba saja membuat nugget sendiri di rumah? Nugget home made tentunya lebih sehat karena tidak akan kita tambahkan bahan pengawet di dalamnya. Selain itu, sobat bisa mengembangkan sendiri akan memilih bahan apa sebagai isiannya.

Bila kebetulan sobat punya anak yang sulit makan sayur, sobat bisa loh menambahkan parutan wortel di dalam adonan chicken nugget supaya si kecil jadi lebih berselera makan sayur. Tapi juga jangan kebiasaan memakan goreng-gorengan seperti ini ya sobat! Setidaknya, sobat perlu mencoba membuat nugget sehat di rumah. Siapa tahu kalau nugget sehat buatan sobat enak, sobat bisa menjualnya ke tetangga atau teman-teman terdekat. Wah, bisa jadi sumber penghasilan juga nantinya. Asyik kan? Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja simak cara mudah untuk membuat chicken nugget berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat chicken nugget yang enak:

  • 300 gram daging ayam giling yang masih segar
  • 2 butir telur ayam yang telah dikocok lepas
  • 50 gram keju parut merek apa saja
  • 4 siung bawang putih
  • 1/4 sendok makan garam beryodium

Bahan yang dibutuhkan untuk lapisan atau kulit nugget:
  • 150 gram tepung roti
  • 2 butir telur yang telah dikocok lepas
  • minyak goreng

Langkah-langkah membuat chicken nugget:

1. Campurkan seluruh bahan seperti daging ayam giling, keju parut, bawang putih, telur, dan garam sampai semuanya tercampur dengan rata.

2. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang persegi yang permukaannya sudah diolesi dengan minyak atau mentega dan diberi alas plastik supaya tak lengket ketika nanti diangkat.

3. Kukuslah adonan nugget tersebut kurang lebih 20 menit, kemudian angkat dan angin-anginkan supaya hilang uap panasnya.

4. Setelah matang, potonglah nugget tersebut sesuai selera. Kemudian benamkan ke telur ayam yang telah dikocok lepas tadi.

5. Setelah dicelupkan dalam telur, angkat dan baluri dengan tepung roti. Ulangi hingga 2 kali agar lapisannya lebih tebal seperti layaknya chicken nugget kemasan.

6. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng nugget ayam itu sampai matang berwarna kuning kecokelatan.

7. Sajikan selagi hangat dengan cocolan sambal atau jadikan sebagai lauk pelengkap nasi.

Untuk lebih jelas tentang cara membuat chiccken nugget bisa sobat lihat selengkapnya di vidio di bawah ini.


Semoga resep cara membuat chicken nugget diatas dapat membantu sobat dalam membuat nugget yang crispy dan super lezat.

Baca juga:

Cara Mudah Membuat Sate Ayam Empuk dan Lezat

Cara Membuat Sayur Asem yang Mudah & Enak

Selamat mencoba, jangan lupa di share ya.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar