By Siti Amini at 06.19 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara menghilangkan kulit bersisik karena kering atau cuaca ekstrim. Kulit bersisik merupakan gejala yang disebabkan oleh kulit kering dan kurang sehat. Umumnya terjadi di bagian mana saja pada kulit tubuh, bisa di lengan, kaki, paha, bahkan wajah. Kulit bersisik nampak kasar, retak-retak, kering, dan tampak hampir menyerupai sisik. Selain tidak nyaman, kulit bersisik juga membuat rasa percaya diri berkurang dan merusak penampilan.

Banyak faktor penyebab kenapa kulit sampai bersisik. Di antaranya karena faktor genetik (keturunan), terlalu sering beadar langsung paparan sinar matahari, kondisi cuaca, lingkungan dan usia. Selain itu, kulit bersisik juga diakibatkan oleh air kotor yang digunakan untuk mandi atau membasuh wajah, pengunaan abun yang tidak cocok untuk kulit, serta dehidrasi.

Lebih jauh, kulit bersisik juga dapat disebabkan oleh faktor infeksi penyakit HIV, kusta, Aids, kanker dan pemakaian berlebih obat tertentu seperti asam nikotinat, cimetidine dan clofazimine.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Ada beberapa tips menghilangkan kulit kering dan bersisik. Sobat bisa menerapkannya agar kulit kembali seperti semula.

cara menghilangkan kulit bersisik


  1. Menjaga agar kulit tetap lembab dengan cara tidak menggunakan sabun yang tidak cocok pada kulit dan memicu sisik, menjauhi air kotor di bak mandi dan membersihkan bak terelbh dahulu menggantinya dengan air bersih, mandi dengan air hangat.
  2. Memakai krim pelembab kulit. Usahakan krim pelembab (lotion) yang mengandung herbal dan bahan alami seperti alpukat, timun, aloe vera dan hyaluronic.
  3. Mandi susu. Cara ini dengan berendam di air susu sebagai tera[I melembutkan dan menyehatkan kulit. Namun cara ini agak mahal dan tidak bisa dilakukan tanpa biaya yang sangat mahal.
  4. Bila kulit tetap bersisik, maka konsultasikan ke dokter, karena mungkin saja penyebabnya bukan karena sabun tidak cocok, air kotor dan sebagainya, tetapi mungkin disebabkan penyakit serius lain.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik secara Alami

Selain cara di atas, masih banyak cara alami untuk menghilangkan sisik pada kulit. Sobat bisa memilih salah satu tips berikut untuk merawat kulit agar tetap sehat, tidak kering dan tidak bersisik. Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami dan Mudah

Diet seimbang
Jaga makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat dan mineral yang penting bagi tubuh. Tidak berlebih dan tidak pula kurang. Kelebihan dan kekuarangan akan berdampak pada kulit bila berlebih, menyebabkan kulit selulit, bila berkurang maka kulit mengkerut dan bersisik. Jadi harus diet seimbang.

Menggunakan minyak zaitun
Memanfaatkan minyak zaitun dan minyak Jojoba untuk melembabkan kulit dengan cara mengoleskan dan memijat kulit hingga minyak tersebut meresap ke pori-pori kulit dan membuat kulit lembut.

Asupan vitamin yang cukup
Kulit sehat membutuhkan vitamin E, C,dan A. Sumber vitamin paling banyak terdapat pada sayur mayur, buah-buahan. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan.

Konsumsi makanan yang mengandung kolagen
Perbanyak makanan sumber kolagen seperti ikan Salmon. Fungsinya dapat membantu menumbuhkan sel-sel secara sehat, melembabkan kulit dari dalam. Bisa juga dengan cara dioleskan dengan membuat lotion atau krim dari bahan yang mengandung kolagen dari ikan salmon, buah-buahan dan sayur-mayur.

Banyak minum air putih
Tubuh yang kekurangan air putih akan dehidrasi dan berdampak buruk pada kulit. Banyak konsumsi air putih membantu menyehatkan kulit dan ikut membantu menghilangkan kulit kering dan bersisik.

Gunakan air bersih saat mandi
Pastikan tidak ada sampah, lumpur dan tanah di dalam air. Air yang bersih akan membantu membersihkan tubuh sobat dari kotoran sehingga membuat kulit sehat terawat.

Hindari paparan sinar matahari berlebih
Jangan terlalu banyak beraktivitas di luar ruang yang langsung berada dalam paparan sinar matahari. Gunakan Jaket atau baju lengan panjang saat bepergian, jika perlu gunakan sunblock untuk melindungi kulit ari sinar matahari.

Mudah bukan merawat dan menjaga kulit sobat agar sehat tidak bersisik dan tidak kering.

Baca juga:

Perawatan Kulit Kering Secara Alami Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Agar Lembab Sepanjang Hari

Solusi Alami dan Tepat Mencerahkan Wajah Kusam

Selamat mencoba

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar