By Siti Amini at 03.06 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Tips memilih susu formula terbaik untuk buah hati bunda karena anak merupakan investasi masa depan kita.Anak merupakan anugrah terindah bagi setiap orang tua. Demi pertumbuhan dan perkembangannya, orang tua pun akan memberikan gizi yang terbaik bagi mereka. Gizi terbaik bagi seorang bayi adalah ASI. Namun tidak semua ibu bisa memberikan ASI untuk buah hatinya. Oleh karena itu mereka terpaksa untuk memberikan susu formula demi tetap memenuhi kebutuhan gizi si buah hati. Susu formula yang dipilih untuk diberikan kepada buah hati sebaiknya jangan sembarangan. Pilihlah susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi, baik untuk kesehatannya dan terjamin keamananannya.

Jenis Susu Formula

tips memilih susu formula terbaik

Menurut penelitian FDA ( Food and Drug Administration ) Amerika Serikat, susu formula terbagi menjadi 3 jenis:

Formula susu sapi
Susu fomula ini terbuat dari susu sapi. Formula susu sapi memiliki kandungan gizi yang seimbang dan lebih mudah dicerna oleh bayi. Namun terkadang ada bayi yang memiliki ketidakcocokan atau intoleransi dalam mengkonsumsi susu sapi.

Formula susu kedelai
Susu formula ini terbuat dari kacang kedelai. Kandungan gizi susu formula kedelai tidak kalah baiknya dengan susu formula yang berasal dari susu sapi. Biasanya susu kedelai diberikan kepada bayi yang mempunyai alergi terhadap susu sapi. Namun sebaiknya dilakukan atas saran dokter. Bayi yang mempunyai alergi terhadap susu sapi belum tentu dia akan bersahabat dengan susu formula susu kedelai.

Baca juga: Solusi Tepat dan Mudah Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Belum ada bukti bahwa penggunaan susu formula dari kedelai dapat membantu mengatasi kolik pada bayi. Bayi mungkin mengalami kolik karena dia mengalami intoleransi terhadap laktosa. Maka sebaiknya berikan susu bebas laktosa kepada bayi. Susu formula yang berbahan dasar kedelai juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi dibawah usia 6 bulan.

Formula hidrolisa protein
Susu formula jenis ini mengandung protein yang dipecah atau dihidrolisa sehingga menjadi bentuk yang lebih kecil bila dibandingkan protein pada susu sapi atau susu kedelai dengan tujuan untuk mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan. Secara umum, nilai kandungan gizinya sama dengan susu formula. Susu formula hidrolisa protein sangat disarankan untuk dibrikan kepada bayi yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi dan susu kedelai.

Tips Memilih Susu Formula Terbaik

Beberapa tips dibawah ini dapat membantu bunda dalam memilih susu formula terbaik yang cocok untuk bayi bunda.


Perhatikan kualitas dan keamanan susu formula
Produk susu formula yang aman untuk dikonsumsi adalah susu formula yang diproduksi dengan mengikuti standar Good Manufacturing Product (GMP) dan berada di bawah pengawasan ketat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh badan otoritas seperti EU (European Union), U.S FDA (the United States Food and Drug Administration), dan peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia. Produk susu juga harus melalui uji yang rutin dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)


Pilih susu sesuai dengan kondisi anak
Dalam memilih susu formula juga harus memperhatikan kondisi anak. Cermatilah apakah anak memiliki sensitifitas khusus terhadap jenis susu tertentu, karena nantinya akan mengganggu fungsi organ tubuhnya. Untuk mengtahuinya perlu dilakukan pengkajian melalui riwayat keluarga. Apakah dalam keluarga terdapat reaksi intoleransi atau alergi terhadap susu sapi.

Jika salah satu atau kedua orang tua pernah memiliki alergi terhadap susu sapi maka kemungkinan anak juga akan mengalami alergi terhadap produk susu sapi. Lalu perhatikan perilaku dan kesehatan anak. Apabila terdapat gangguan pada saluran pencernaan, gangguan pada organ tubuh lain dan bahkan terdapat gangguan perilaku pada anak sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya untuk mendapatkan rekomendasi susu yang paling cocok dengan kondisi anak yang saat ini.
Pilih susu yang sesuai usia anak
Sangat penting untuk memilih susu formula yang sesuai dengan tingkat usia anak. Sudah banyak beredar di pasaran susu formula yang mencantumkan usia yang diperuntukkan mengkonsumsi susu tersebut. Susunan zat gizi yang berada di dalam susu formula akan disesuaikan oleh produsen susu berdasarkan tingkat usia penggunanya. Susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan akan berbeda komposisinya dengan susu formula untuk bayi yang berusia 6-12 bulan.

Bayi usia kurang dari 6 bulan sistem pencernaannya masih belum sempurna, sedangkan pada bayi usia 6-12 bulan sistem pencernaannya sudah berkembang lebih baik. Selain itu kalori yang dibutuhkan juga lebih banyak dibandingkan dengan golongan usia di bawahnya.

Pada anak usia di atas 1 tahun pastilah kandungan susu formulanya lebih kompleks. Susu formula yang dibutuhkan adalah susu yang mendukung pertumbuhan, perkembangan otak dan membantu menjaga daya tahan tubuh anak juga melindungi kesehatan saluran pencernaan. Kalsium juga sangat dibutuhkan oleh anak usia ini karena untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.
Harga mahal dan merk tertentu bukanlah sebuah jaminan
Ada orang yang bilang semakin mahal harga suatu benda maka semakin baik pula kualitasnya. Pernyataan itu belum tentu benar. Pada prinsipnya semua kandungan susu formula untuk berbagai jenis merk adalah sama saja. Hal ini karena produsen susu formula dalam menciptakan produk akan mengacu pada standar Recommended Dietary Allowance (RDA) dalam komposisi kalori, vitamin, dan mineral yang lengkap dan seimbang sesuai dengan kebutuhan bayi demi mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Begitu pula dengan merk susu formula.

Cocok atau tidaknya anak terhadap susu formula tergantung dari penerimaan organ tubuh anak. Belum tentu anak akan cocok minum susu formula yang bermerk terkenal. Bisa saja anak akan cocok minum susu formula merk A yang kurang terkenal, tapi ketika minum susu merk B yang terkenal anak akan mengalami diare, muntah, kembung, susah buang air besar; hal yang sebaliknya pun juga bisa terjadi.

Carilah susu formula yang karakteristiknya mirip dengan ASI
Jangan suka terkecoh dengan apa yang ditawarkan oleh iklan. Biasanya iklan akan menayangkan susu formula yang memiliki berbagai macam tambahan zat gizi yang belum tentu anak butuhkan. Oleh karena itu sebelum membeli susu ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter kepercayaan. Dibawah ini terdapat daftar nilai gizi yang kurang lebih terkandung Di dalam ASI tiap 100 ml:


  • Protein 1, gram
  • Lemak 4,2 gram
  • Karbohidrat 7 gram
  • Laktoferin 250-270
  • Vitamin A 60 mcg
  • Vitamin D 0,01 mcg
  • Vitamin C 3,8 mcg
  • Kalsium 35 mg
  • Fosfor 15 mg
  • Besi 76 mcg
  • Natrium 15 mg
  • Ig A 119,6 mg
  • Ig G 2.9 mg
  • Ig M 2,9 mg
  • Lisosin 24,3-27,5 mg


Walaupun terdapat berbagai macam susu formula, susu yang terbaik untuk buah hati adalah ASI. Jika Ibunda sangat terpaksa untuk memberikan susu formula maka berikanlah susu formula yang terbaik bagi buah hati demi pertumbuhan dan perkembangannya yang optimal.

Baca juga:

14 Resep Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Tips Mudah Memilih Mainan Untuk Anak

Tips dan Syarat Memilih Tempat Tidur Bayi

Semoga beberapa tips memilih susu formula terbiak yang sudah kami berikan dapat membantu bunda dalam memilih susu sormula mana yang akan bunda berikan untuk sang buah hati. Tapi seberapa bagus susunya dan seberapa mahal apapun susunya, saat bayi berusia 0-6 bulan ASI adalah susu yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selamat mencoba

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: