By Siti Amini at 05.05 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat bakso tahuSobat pasti pernah mencicipi bakso tahu kan? Jenis makanan yang berbentuk tahu dan isinya daging sapi ini benar-benar nikmat disantap saat hawa sedang dingin, apalagi bila dimakan dengan sepiring nasi. Selain lezat, bakso tahu yang disajikan saat masih hangat pun bisa membuat tubuh kita ikut merasakan kehangatannya. Bila hari ini sobat tidak sempat membelinya di luar, bagaimana kalau membuat bakso tahu sendiri di rumah?

Cara memasak bakso tahu tidak susah kok. Malahan sangat praktis karena bahan-bahan yang dibutuhkan cuma sedikit dan langkah-langkah untuk membuatnya pun tidak memerlukan keahlian atau trik khusus. Sobat hanya perlu menguleni adonan dan merebus saja.

Cara Membuat Bakso Tahu Kukus

cara membuat bakso tahu
Membuat bakso tahu sendiri di rumah malah lebih sehat dan kualitas maupun kebersihannya pun terjamin. Karena kita kan tidak pernah tahu kan apa yang dimasukkan oleh abang-abang penjual bakso di luar sana ke dalam adonan baksonya. Kita bisa membuat bakso tahu sendiri yang tak kalah lezat dan malah lebih bergizi dari mereka. Tentu saja bakso tahu buatan kita ini terbebas dari zat-zat pengawet berbahaya seperti boraks maupun formalin yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Nah, sudah siap untuk membuat bakso tahu? Siapkan diri sobat serta siapkan bahan-bahan berikut ini ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso tahu lezat:

  • 200 gram daging sapi giling
  • 8 buah tahu putih
  • 1 batang seledri yang telah dicincang halus
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 sendok teh baking powder
  • 13 gram (2 bungkus) penyedap rasa sapi
  • 2 liter air
  • es batu yang telah dihancurkan secukupnya


Cara membuat bakso tahu enak:

1. Campurkan es batu yang telah dihancurkan ke dalam daging giling, kemudian masukkan 1 bungkus penyedap rasa ke dalamnya. Uleni adonan tersebut sampai tercampur dengan rata.

2. Tambahkan baking powder, tepung tapioka, serta seledri ke dalamnya. Aduklah sampai semuanya merata.

3. Lubangi bagian tengah tahu menggunakan sendok, kemudian isikan adonan daging tadi ke dalam tahu tersebut hingga adonan habis.

4. Didihkan 1 liter air, rebus tahu yang telah diisi daging ke dalam air mendidih sampai benar-benar matang. Lalu angkat dan tiriskan.

Memakan bakso tahu tentunya tidak akan lengkap bila tidak disajikan dengan kuahnya. Nah, berikut ini cara untuk membuat kuah bakso tahu:

1. Didihkan 1 liter air, tambahkan 1 bungkus penyedap rasa ke dalamnya. Masaklah sampai kuah mendidih.

2. Sajikan bakso tahu di dalam mangkuk, kemudian sirami dengan kuahnya. Taburi daun bawang dan bawang goreng di atasnya.

3. Bakso tahu yang lezat pun siap untuk disantap.


Yang harus sobat perhatikan adalah jangan terlalu banyak memasukkan garam ke dalam adonan maupun kuahnya agar rasa bakso tahu tersebut tak terlalu asin. Sebab kuah bakso tahu yang terus-terusan dipanaskan nanti akan terasa asin dengan sendirinya. Tidak mau kan kalau rasa bakso tahu sobat jadi sangat asin dan tak enak untuk disantap?

Selain tahu model putih seperti ini, sobat juga bisa menggoreng tahu tersebut terlebih dahulu setelah direbus. Rasanya tidak kalah lezat kok. Selain daging sapi, sobat juga dapat mengganti adonan isiannya sesuai selera dengan menggunakan daging ikan tuna atau udang. Semoga resep ini berguna dan bisa sobat praktikkan dengan mudah di rumah ya! Siapa tahu sobat bisa memulai usaha dengan berjualan bakso tahu di rumah.

Baca juga:

Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Enak

Cara Membuat Kuah Bakso Enak dan Mudah

Selamat mencoba
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar