By Siti Amini at 00.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat jamu beras kencur dengan mudah di rumah. Hai sobat, apakah sobat termasuk seseorang yang suka minum jamu? Atau bahkan sobat termasuk orang yang sangat tidak suka mengkonsumsi jamu? Bila kenal dengan jamu beras kencur tentu pandangan sobat bakal berubah. Pasalnya, walau sebutannya adalah jamu, jamu beras kencur tidak pahit seperti jamu pada umumnya.

Mengkonsumsi jamu beras kencur malah bisa sangat menyegarkan badan dan menghilangkan dahaga karena sobat bisa menambahkan es batu ke dalamnya. Saat ini tentu banyak yang menjual jamu beras kencur di warung-warung di luar sana. Namun tentunya tak akan senikmat saat sobat membuatnya sendiri di rumah.

Contoh Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Apakah repot membuat jamu beras kencur sendiri? Tidak kok! Bahan-bahannya pun sangat mudah dan murah didapatkan. Sobat hanya perlu merebus, menumbuk, dan menyaring bahan-bahannya saja. Ingin tahu seperti apa cara membuat jamu beras kencur? Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

cara membuat beras kencur


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep membuat jamu beras kencur yang enak:

1. Bahan utama pembuatan jamu beras kencur tentu saja beras putih bersih sekitar 200 gram. Pilih beras yang biasa saja, jangan beras yang wangi. Sebab beras yang terlalu wangi nanti akan membuat jamunya terasa aneh dan kurang sedap.

2. Rimpang kencur berukuran sedang secukupnya. Sekitar ukuran 6 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum dipakai membuat jamu.

3. Rimpang kunyit ukuran kecil sebanyak 2 jari orang dewasa. Cuci bersih sebelum dipakai membuat jamu.

4. Asam Jawa 2 sendok makan.

5. Gula Jawa alias gula aren 240-260 gram atau sesuai selera.

6. Jahe sebanyak 2 jari orang dewasa, atau secukupnya. Bersihkan sebelum diolah.

7. Daun pandan yang masih segar 2 buah. Cucilah sebelum dipakai.

8. Air perasan 2 buah jeruk nipis.

9. Garam beryodium dan air matang.

10. Gula pasir bagi sobat yang suka manis.


Cara membuat jamu beras kencur:

1. Rendam 200 gr beras yang telah disiapkan ke dalam air bersih sekitar 3 jam.

2. Rebus 6 gelas air bersih ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang.

3. Masukkan asam jawa, jahe, kencur, kunyit, daun pandan, serta gula jawa ke dalam panci. Aduk semua bahan sampai tercampur dengan rata.

4. Aduk sebentar dan biarkan air mendidih, kemudian matikan kompor. Saring air tersebut agar terpisah dari bahan-bahan yang tadi dimasukkan.

5. Sisihkan ampas yang berisi jahe, kencur, dan kunyit lalu tumbuklah dengan beras yang telah direndam selama 3 jam tadi. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus.

6. Taruh hasil bahan yang telah dihaluskan tadi di atas saringan, kemudiam sirami dengan air rebusan dari panci agar rasanya tetap segar dan nikmat.

7. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya serta garam sedikit saja.

8. Sobat bisa mencicipinya terlebih dahulu sebelum menyajikan. Bila masih kurang manis, sobat bisa mencampurkan gula pasir ke dalamnya.

Selamat menikmati!

Bila melihat langkah-langkah yang telah kami jabarkan mungkin akan terlihat rumit dan merepotkan. Namun sebenarnya sangat mudah dan sederhana loh! Sobat hanya perlu bersabar saat menunggu proses merendam beras dan menghaluskan semua bahan. Butuh info lebih jelas? Simak video dibawah ini:



Yang lebih menarik lagi, jamu beras kencur memiliki banyak khasiat yang tak boleh sobat anggap remeh. Jamu beras kencur bisa meningkatkan nafsu makan, menghilangkan kecapekan, menyembuhkan sariawan, perut kembung, batuk, dan berbagai penyakit ringan yang lain. Bahkan jamu beras kencur sangat baik untuk kecantikan dan ibu yang sedang menyusui.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar