By Siti Amini at 09.11 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat jamur crispy yang garing, renyah dan lezat di rumah. Jamur crispy adalah snack yang saat ini digemari hampir banyak orang. Rasanya yang gurih dan lezat sangat cocok sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Banyak yang sampai harus pergi jauh-jauh ke warung atau cafe demi mendapatkan jamur crispy yang kriuk dan gurih sesuai selera yang tentunya mematok harga cukup mahal.

Padahal, bila sobat mau maka sobat bisa memasak jamur crispy sendiri di rumah. Memasaknya tidak terlalu susah kok. Sobat hanya perlu menyediakan jamur tiram, tepung, dan beberapa bumbu yang menambah sedap rasa jamur crispy satu ini.

cara membuat jamur crispy

Cara Membuat Jamur Crispy Sederhana

Jamur crispy biasa menggunakan jamur tiram yang memang mudah dan enak untuk diolah menjadi apa saja. Jamur tiram ini warnanya putih dan bentuknya mirip tiram di laut. Sobat bisa mendapatkan jamur tiram di pasar ataupun swalayan terdekat.

Selama ini sobat mungkin kebingungan bagaimana cara membuat jamur crispy yang renyah dan enak disantap. Sebab selama ini sobat sudah berusaha mencoba tetapi hasilnya lembek dan tak sesuai dengan harapan.

Ternyata rahasia dari resep jamur crispy yang renyah terletak di bagian tepung pelapis. Nah, sobat belum tahu kan soal tepung pelapis? Kalau belum tahu, tepung pelapis ini adalah bahan dari tepung terigu dan bumbu-bumbu lain yang dipakai untuk melapisi jamur tiram setelah dicelupkan ke adonan yang basah.

Mengapa jamur tiram harus dibaluri tepung terigu lagi? Sebab, jamur ini sifat aslinya sudah lembab. Jadi bila sobat telah menyelupkannya dengan adonan basah, jangan lupa untuk membalurinya dengan tepung pelapis agar hasilnya benar-benar renyah dan menggugah selera saat dimakan.

Baca juga:

1. Cara Praktis Membuat Chicken Nugget Lezat di Rumah

2. Cara Mudah Membuat Sate Ayam Empuk dan Lezat

Resep Jamur Crispi Renyah

Daripada bingung, yuk langsung saja ikuti tips untuk membuat jamur crispy yang nikmat berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamur tiram crispy:

- 400 gram jamur tiram yang telah dicuci bersih dan diperas airnya. Suwir-suwir jamur tiram dengan tangan.

- 600 gram tepung terigu. (500 gram untuk pelapis dan 100 gram sisanya untuk bahan celupan)

- 1/2 sendok teh baking powder untuk bahan pelapis, sedangkan 1 sendok teh baking powder dipakai untuk bahan celupan jamur tiram.

- 2 siung bawang putih yang ukurannya agak besar. Haluskan bawang putih yang telah dikupas untuk dicampurkan dalam bahan celupan.

- 1/2 sendok teh merica bubuk untuk bahan pelapis dan bahan celupan.

- 50 gram tepung maizena untuk bahan pelapis

- 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk

- Garam sesuai selera

- Air matang untuk mencampur bahan pencelup


Cara membuat resep jamur crispy yang kriuk dan lezat:

1. Buatlah terlebih dahulu bahan pencelup dengan mencampurkan 100 gram tepung, baking powder, bawang putih, garam, serta merica bubuk ke dalam sebuah wadah.

2. Tambahkan air secukupnya atau sekitar 250 ml. Aduk sampai semua tercampur rata dan tepung tak ada yang menggumpal. Cicipi dulu rasanya. Sobat dapat menambahkan sedikit bumbu apabila dirasa ada yang kurang.

3. Untuk bahan pelapis jamurnya, campurkan 500 gram tepung teringu, tepung maizena, baking powder, merica bubuk, garam, serta kaldu ayam.

4. Setelah bahan pencelup dan pelapis siap dipakai, Masukkan jamur yang telah ditiriskan ke bahan pencelup. Baluri semua bagian jamur dengan adonan celupan sampai tercampur rata.

5. Bila sudah tercampur rata, masukkan jamur tersebut ke adonan pelapis. Guling-gulingkan sampai tertutup oleh tepung pelapis.

6. Sambil mengguling-gulingkan jamur ke bahan pelapis, sobat bisa memanaskan minyak di penggorengan untuk menggoreng jamur crispy.

7. Jamur yang telah dibalurkan ke tepung pelapis tadi masukkan ke penggorengan dan goreng hingga matang. Tiriskan dan sajikan selagi hangat dengan sambal cocol.

Mudah bukan? Tidak harus membeli untuk mendapatkan jamur crispy yang gurih dan lezat, Kalau bisa membuat sendiri kenapa tidak. Di zaman yang serba susah ini banyak sekali penjual nakal yang menambahkan bahan kimia pada makanannya. Lebih enak buat sendiri kan? Lebih jelasnya sobat bisa melihat tutorial pada video berikut:


Tidak sulit bukan, selamat mencoba.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar