By Siti Amini at 05.35 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Pernah merokok? atau setidaknya pernah melihat orang merokok? Iya benar, merokok ini seperti sebuah kebiasaan yang mendarah daging dan turun temurun. Padahal dalam asap rokok banyak mengandung racun yang sangat berbahaya untuk tubuh, janin bahkan tidak sedikit yan menyebabkan kematian.

Efek negatif merokok ini juga tidak hanya dirasakan oleh orang yang menghisap rokok itu sendiri. Tapi bahaya ini juga dirasakan oleh orang orang disekitar anda yang menghirup asap rokok anda, atau lebih seirng disebut perokok pasif.

Terlebih buat ibu hamil. Bahaya merokok pada ibu hamil ini sangat komplek. Racun yang terkandung dalam asap rokok yang terhirup atau sengaja dihirup oleh ibu yang seang hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Tidak sedikit bayi yang lahir cacat atau bahkan sampai mengalami kematian karena asap rokok ini.

bahaya merokok bagi ibu hamil

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

Seperti apa dampak bahaya rokok untuk ibu hamil dan juga janinnya? kita akan kupas satu per satu disini:

1. Bayi lahir prematur

Kandungan nikotin pada rokok ini akan membuat bayi tidak dapat bertahan lama di rahim. Hingga sebelum bayi berusia genap 37 - 38 minggu bayi sudah lahir  atau prematur.

2. Bayi lahir mati

Ibu perokok pasif terlebih perokok aktif mempunyai resiko melahirkan bayi dalam keadaan mati. Hal ini karena racun racun yang terkandung dalam rokok tidak dapat ditolerir oleh tubuh bayi yang masih rentan, sehingga bayi mengalami stress dan kematian.


3. Berat bayi rendah

Bayi seorang perokok aktif maupun perokok pasif mempunyai resiko lahir dengan berat rendah atau kurang dari normal. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh hipoksia jaringan dan vasokonstriksi sehingga menyebabkan penurunan suplai darah ke plasenta.

4. Keguguran

Ibu yang sedang hamil sebagai perokok pasif ataupn aktif beresiko mengalami keguguran. Hal ini karena banyaknya racun yang mengontaminasi darah dan janin ibu.

5. Lahir cacat

Ibu perokok aktif ataupun pasif juga beresiko mempunyai bayi yang lahir dengan keadaan cacat. Hal ini karena zat kimia dan racun dari rokok mengontaminasi sehingga mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan organ bayi saat masih dikandungan.

6. Mengganggu fungsi kerja jantung

Untuk ibu sendiri, kebiasaan merokok akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Yang mana darah akan terkontaminasi oleh tar yang terkandung dalam rokok.

7. Mengalami ganguan pernafasan

Tidak dipungkiri lagi, asap rokok ini akan mengganggu fungsi pernafasa. Bisa jadi anda mempunyai paru paru basah ataupun paru paru keinr.

Merokok memang nikmat. dan sebagian orang mengatakan pikiran akan tenang dan juga akan mendapatkan inspirasi setelah merokok. Namun tidak sadarkah anda bahwa asap anda membunuh orang orang disekitar anda.

Matikan rokokmu sebelum rokok mematikanmu.


Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar