By Siti Amini at 12.13 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Peluang bisnis selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, begitu pula di tahun 2016. Bisnis berbasis teknologi canggih seperti bisnis online masih memiliki prospek cerah pada tahun ini.  Berbagai ide cara membuat bisnis online berikut bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis bisnis online mana yang akan anda geluti. Untuk melakukan bisnis online, kita dapat memilih bisnis online yang berbayar atau tidak berbayar.

Dengan semakin meluasnya jaringan internet di berbagai pelosok daerah, peluang bisnis online masih menjadi primadona. Bisnis online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selain itu, bisnis online juga dapat dimulai dengan modal yang kecil. Hanya dengan sambungan internet, Anda sudah dapat memulai bisnis Anda. Apa saja bisnis online yang dapat Anda jalankan di tahun ini?
Berikut ini beberapa ide membuat bisnis online di tahun 2016 yang sangat menjanjikan untuk dijalankan:


Ide Cara Membuat Bisnis Online

Menjual produk secara online di website sendiri

Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan darimana pun selama ada sambungan internet. Beberapa platform berikut dapat Anda gunakan menjalankan bisnis Anda:


  • Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap.
  • WebPraktis – mulai dari Rp 680 ribu per tahun.
  • Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!
  • BBM – sudah banyak toko online yang bisa berjualan hanya dengan memanfaatkan aplikasi chatting ini.
  • Instagram – karena merupakan social media berbasis gambar, bisa digunakan untuk berjualan online.
  • WordPress + WooCommerce – sekitar $40 per tahun untuk domain & hosting.

Jarvis Store

Jarvis Store atau WebPraktis adalah jasa pembuatan website yang memudahkan Anda  menjalankan bisnis ini.  Dengan jasa tersebut, Anda tidak perlu membuat website sendiri, Anda hanya fokus mengatur isi konten website Anda.

Bagi Anda yang belum mempunyai produk sendiri, penentukan  produk apa yang ingin dijual dan menemukan supplier utama dari produk tersebut adalah langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

Berjualan produk di pasar online

Pasar online adalah salah satu sarana yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan berjualan di pasar online, Anda tidak mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa memanfaatkan produk dari toko lain untuk dijual dengan sistem dropship. Berikut ini beberapa situs pasar online yang dapat Anda manfaatkan:
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Kaskus FJB
  • OLX
  • eBay (internasional)

Berjualan dengan sistem dropshipping atau reseller

Dropshipping adalah anda, website/blog yang menjadi perantara antara toko online dengan konsumen. Anda dapat berjualan tanpa memiliki stok. Saat pembeli melakukan order pada produk Anda, kemudian Anda mengajukan order tersebut pada pihak ke tiga. Proses pengiriman barang dilakukan pihak ke tiga atas nama Anda. Dengan sistem ini, bisnis Anda dapat dijalankan dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sedikitpun.

Menjadi publisher iklan

Menjadi publisher iklan adalah peluang bisnis bagi Anda yang mempunyai hobi suka menulis dan berbagi pengetahuan. Dalam menjalankan bisnis ini, langkah-langkah yang Anda lakukan adalah:
  1. Membuat website. 
  2. Membuat konten yang menarik dan  berkualitas.
  3. Menampilkan konten pada website.
  4. Menampilkan kode iklan pada website.
  5. Iklan muncul secara otomatis. 
  6. Pengunjung melakukan klik pada iklan tersebut. 
  7. Anda mendapatkan komisi. 
  8. Konten yang menarik dan  berkualitas  mendorong banyak orang mengunjungi website Anda. 
Semakin banyak orang mengunjungi website Anda, semakin banyak peluang pengunjung melakukan klik pada iklan yang Anda tampilkan. Komisi Andapun semakin besar.

Untuk membuat website, anda bisa memilih menggunakan website gratisan seperti blogspot yang sudah disediakan oleh google. Atau memilih website berbayar yang nantinya akan tertulis  nama anda.com. Misalnya contoh saja website ini rubrikita.com


Mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate

Model  bisnis ini dikenal dengan istilah affliate marketing. Bisnis ini dijalankan dengan melakukan promosi/rekomendasi produk milik orang lain. Ketika ada pembeli tertarik dan membeli produk tersebut, atas rekomendasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.
Perbedaan model bisnis ini dengan dropshipping adalah Anda hanya mempromosikan produk. Pembeli akan langsung berhubungan dengan penjual. Sama sengan menjadi publisher iklan, Anda juga harus memiliki website untuk menjalankan bisnis ini.

Berjualan E-book

Buku Elektronik atau yang biasa di sebut dengan E-book adalah  buku digital yang bisa di buka melalui komputer, laptop dan smartphone dengan format pdf. Apabila  Anda  memiliki minat menulis dan berbagi pengetahun, tulisan Anda dapat dituangkan dalam sebuah E-book yang dapat dijual secara online. Menjual  E-book dapat di lakukan dengan mudah, setelah pembeli melakukan order dan uang sudah ditransfer, Anda bisa mengirim E-book ke pembeli melalui email. Hal tersebut jauh lebih mudah dan praktis tanpa ada biaya pengiriman.

Masih ragu untuk melakukan bisnis online? Bagaimana kalau bisnis makanan? Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sering dijajakan. Sebelum memulai bisnisnya, tidak ada salahnya kan mencoba membuat makanannya terlebih dahulu.

Baca:

1. Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Enak

2.  Cara Praktis Membuat Chicken Nugget Lezat di Rumah

Demikian informasi mengenai ide cara membuat bisnis online di tahun 2016 yang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam memulai bisnis di tahun ini.  Salam sukses


Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar