By Siti Amini at 16.22 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Seni kerajinan tangan memang tidak ada habisnya, dimana pengembangannya memang sering kali menggunakan daya imaginasi pengrajin itu sendiri. Salah satunya dengan menggunakan bahan kain flanel, bahan ini lebih banyak dipilih karena strukturnya yang halus dan mudah dikreasikan menjadi beberapa barang bermanfaat, seperti gantungan kunci, tas kecil hingga beberapa perabotan rumah tangga. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, sebenarnya ini seni kerajinan tangan yang sangat mudah dan bisa dikembangkan oleh siapapun dengan kreasi mereka sendiri.



Tahapan bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel

Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat memang lebih baik dari pada hanya tiduran saja, anda bisa mencoba cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Dimana cara pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak pengalaman, bahkan sangat cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba.

1. Persiapkan bahan

Langkah pertama anda harus mempersiapkan bahan, ini bisa anda dapatkan di toko kerajian maupun toko aksesories, karena sekarang kain flanel sudah dijual dalam jumlah kecil.  Apa saja bahan dalam pembuatan gantungan kunci dari kain flanel?

Berikut ini beberapa bahan yang anda harus persiapan terlebih dahulu :

- Kain flanel aneka warna, buat dalam tiga bentuk yaitu segi tiga, bulatan dan juga segi empat, ukuran bisa anda sesuaikan dengan keinginan.

Gantungan kunci.
  • Benang dan jarum, ini digunakan untuk menjahit nantinya.
  • Renda, warna bisa sesuaikan dengan keinginan.
  • Lem tembak ( usahakan lem cairan berwarna bening agar tidak terlihat rekatannya ) dan gunting.
  • Dakron ( sebagai isian dari gantungan kunci ).

2. Proses perakitan

Langkah selanjutnya cara pembuatan gantungan kunci dari kanin flanel yaitu perakitannya, ini menjadi bagian yang paling penting dan akan menentukan hasilnya. Kali ini kita akan membuat gantungan kunci berbentuk bulat dengan disertai dengan pita di atasnya, pertama kita akan membuat bulatan terlebih dahulu.

Berikut langkah langkah pembuatannnya :
  • Ambil potongan kain flanel yang berbentuk segi tiga, jahit dengan tusukan peston hingga membuat bentuk kerucut, setelah itu jahir pada bagian bawah dengan bagian bulatan.
     
  • Jangan tutup secara sempurna dahulu, karena ini akan diberikan isian dakron pada rongganya. Ini akan membentuk bulatan sempurna dan akan terlihat lebih menarik.
  • Berikan isian dakron sesuai dengan keinginan, disarankan memberikan isian secara penuh agar terbentuk bulatan sempurna, kemudian jahit agar bisa terlihat bentuk bulatannya.
  • Untuk kain flanel yang berbentuk segi empat, pilih dengan warna yang berbeda karena akan digunakan sebagai pita. Cara pembuatannya juga cukup mudah, dengan cara mengikatkan tali yang berbeda pada bagian tengah, maka akan terbentuk pita dengan sendirinya, agar lebih menarik berikan renda pada pinggirannya.
  • Langkah selanjutnya adalah menyatukan bulatan dengan pita, caranya dengan menggunakan lem tembak, usahakan agar menempelkan lem dengan baik agar rekatan bisa tersembunyi.
  • Sebagai hiasan gunakan renda agar terlihat lebih cantik, pemilihan warna dan peletakkan bisa sesuai dengan selera pembuatnya.
  • Pasangkan gantunga kunci pada bagian belakang dan sudah bisa digunakan, gantungan kunci kreasi sendiri pasti tidak akan ada yang menyamai bukan.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan bahan dan mengikuti setiap tahapan cara membuat gantungan kunci dari kain flanel bukan, ini bisa jadi salah satu alternatif kegiatan di saat liburan atau mengajarkan pada buah hati saat di akhir pekan. Bahkan bisnis gantungan kunci dengan kain flanel bisa mendatangkan keuntungan yang cukup bagus sehingga di lirik banyak minat produsen untuk mengembangkan bisnis ini.

Baca:

Ide Cara Membuar Bisnis Online Berbayar atau Gratis Untuk Pemula

Selamat mencoba

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar