By Siti Amini at 23.33 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Nasi kuning adalah salah satu makanan tradisional Pulau Jawa. Saat ini nasi kuning sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Nasi kuning sangat cocok disajikan untuk menemani sarapan pagi Anda. Selain disajikan saat sarapan pagi, nasi kuning juga dapat disajikan saat acara syukuran seperti acara ulang tahun anak. Kandungan gizi pada olahan nasi kuning memiliki energi yang cukup banyak yaitu sekitar 971 kj dan 232 kkal. Dengan mengkonsumsi nasi kuning Anda akan memiliki energi yang cukup banyak. Nasi kuning juga memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 28 gram dan protein sebanyak 3 gram. Olahan nasi kuning juga tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi.

Sebagai salah satu variasi menu selain nasi putih, nasi kuning memiliki ciri khas yaitu warna kuning dan rasa kunyit yang menonjol. Nasi kuning memiliki rasa yang hampir sama dengan nasi putih, perbedaannya adalah pada proses memasaknya. Terbuat dari beras putih yang berkualitas, nasi kuning dimasak dengan berbagai bumbu dari bahan alami. Dengan disiram air kunyit, beras berubah warna dari putih menjadi kuning. Proses pembuatan nasi kuning dengan dikukus, akan menghasilkan tekstur nasi yang pulen dan empuk.


Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana

Membuat nasi kuning sangat mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah Anda dapatkan di pasar atau supermarket terdekat dari rumah Anda. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana proses pembuatan nasi kuning? Yuk kita simak cara membuat nasi kuning yang enak dan gurih berikut ini:

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 2 batang serai memarkan.
  • 2 lembar daun salam.
  • 3 lembar daun jeruk purut.
  • 2 sendok makan air kunyit (air kunyit terbuat dari 1 sendok makan kunyit parut, setelah itu larutkan kunyit parut dengan 2 sendok makan air hangat, lalu saring).
  • 1 sendok makan air jeruk nipis.
  • 1 kg beras pulen (berkualitas baik)
  • 1.5 liter santan (berasal dari 1,5 butir kelapa parut).
  • 2 lembar daun padan.
  • 1 sendok teh garam.


Cara membuat:

Tahap pertama yang Anda lakukan adalah mencuci beras pulen hingga bersih, lalu tiriskan. Setelah itu, kukus beras yang sudah dicucih bersih dalam dandang panas selama 30 menit. Lalu angkat, tiriskan dan letakkan beras yang sudah dikukus ke dalam panci. Tahap berikutnya adalah merebus santan, serai, daun salam, air kunyit, daun buah jeruk, pandan dan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, lalu angkat.

Tahap ketiga adalah menuangkan rebusan santan ke dalam panci yang mengandung beras, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis lalu aduk hingga merata. Tahap akhir adalah kukus campuran rebusan santan dan beras ke dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang. Angkat dan sajikan dengan lauk pelengkap.

Dalam penyajiannya, Anda dapat melengkapi nasi kuning dengan aneka lauk sesuai dengan selera Anda. Aneka lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, sambal, lele goreng, abon dan sambal kering kentang biasanya menemani nasi kuning saat disajikan. Ditambah lalapan dan sambal, sajian nasi kuning semakin menggugah selera.

Selain lauk yang digoreng, olahan lauk yang dibakar juga dapat Anda pilih. Dengan perpaduan nasi kuning dan aneka lauk, kandungan gizi yang dihasilkan bagi tubuh kita menjadi maksimal. Anda tertarik mencoba resep ini?  Silahkan mencoba dan rasakan sensasi nasi kuning yang gurih dan lezat buatan Anda. Selamat berkreasi.


Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar