By Siti Amini at 15.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat pisang ijo yang mudah dan enak bisa Anda sendiri lakukan di rumah. Caranya sangat praktis, tidak ribet dan tentu hemat waktu serta tidak membutuhkan banyak ala

Sobat pernah mencicipi es pisang ijo? Tahu kan minuman yang warnanya sangat menggoda dan isinya berupa pisang yang digulung dengan kulit warna hijau? Nah, jajanan khas Makassar ini memang sangat lezat disantap siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya.

Selain nikmat dan segar, es satu ini juga mengandung banyak serat yang berasal dari buah pisang di dalamnya. Seperti yang sobat ketahui, serat sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Es pisang ijo juga dapat menghilangkan dahaga sobat yang tengah kehausan. Meski es pisang ijo ini merupakan minuman dari Makassar, kini sudah banyak orang-orang yang menjualnya di sekitar kita.

Namun, bila sobat ingin mencoba sesuatu yang lebih spesial, sobat juga bisa kok membuat es pisang ijo sendiri di rumah. Sebab sobat bisa dengan mudah mengatur tingkat kemanisan es pisang ijo maupun memodifikasi warna dan rasa sirupnya sesuai selera. Untuk membuat es pisang ijo ini sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus, sobat hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mempersiapkan tenaga untuk mengaduk adonan kulit hingga kalis.

cara membuat pisang ijo

Cara Membuat Pisang Ijo Sederhana

Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja siapkan bahan-bahan berikut ini ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es pisang ijo:
  • 6 buah pisang raja yang telah masak
  • sirup warna merah
  • es serut kasar secukupnya
  • 150 gram tepung beras
  • 80 ml gula pasir
  • 10 lembar daun pandan
  • 10 lembar daun suji
  • 50 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu
  • 200 ml santan
  • garam secukupnya

Bahan-bahan untuk membuat kuah es pisang ijo:
  • 10 lembar daun suji yang masih segar
  • 10 lembar daun pandan yang masih segar
  • 80 ml gula pasir
Langkah-langkah untuk membuat es pisang ijo yang lezat:

cara membuat pisang ijo1. Kukuslah semua pisang raja hingga matang. Lalu angkat dan tempatkan di wadah terpisah.

2. Irislah daun pandan dan daun suji, kemudian blender bersama 50 ml air hingga halus. Saringlah air daun pandan dan air daun suji yang telah diblender tadi, lalu tempatkan di wadah terpisah.

3. Campurkan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, gula pasir, santan, serta air daun pandan dan daun suji tadi. Lalu aduk dan uleni hingga semua bahan benar-benar rata dan adonan kalis.

4. Letakkan pisang raja yang telah dikukus di atas adonan kulit yang sebelumnya sudah dibuat, lalu gulung semua permukaan pisang raja kukus dengan adonan kulit tersebut.

5. Kukus lagi pisang raja yang telah dilapisi dengan adonan kulit hingga kulitnya matang dan warnanya berubah menjadi warna hijau tua.

Langkah-langkah membuat kuah es pisang ijo:

1. Iris daun pandan yang telah sobat sediakan, lalu masukkan ke dalam blender bersama 100 ml air. Haluskan hingga merata. Lalu saringlah air daun pandan tersebut.

2. Campurkan air pandan dengan gula pasir serta tepung beras. Lalu panas di atas api kecil sembari diaduk-aduk hingga kuah mengental.

3. Angkat dan angin-anginkan.

Cara menghidangkan es pisang ijo yang nikmat dan menggugah selera:

cara membuat pisang ijo

1. Siapkan pisang ijo yang telah matang terbungkus adonan kulit tadi, kemudian potong-potong pisang ijonya ke dalam beberapa bagian. Letakkan di mangkuk atau piring.

2. Masukkan es serut secukupnya, siram dengan saus atau kuahnya, tambahkan sirup, dan santan ke dalamnya.

3. Es pisang ijo yang enak pun siap disantap bersama keluarga.


Mudah bukan cara membuat pisang iji ini. Nyummy deh pokoknya, kalau nanti buat jangan lupa bagi bagi ya :D. Kalau resep dari saya masih kurang, boleh kok ditambahain. Biar pisang ijo buatan saya makin nyummy.

Baca juga:

1. Kreasi Cara Membuat Jus Wortel yang Enak dan Sehat

2. Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Enak

Selamat mencoba
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar