By Siti Amini at 23.18 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Ayo, buat Kamu yang sering ke kondangan pasti tahu jajanan pasar yang satu ini. Warnanya berwarna hijau muda dan putih dan texture yang empuk. Salah satu kue basah jajanan pasar ini sering menjadi makanan undangan atau tamu dikarenakan bentuknya yang indah serta rasanya yang enak pula.

Nih sekarang bakal bagi bagi resep cara mebuat putu ayu yang mudah, gampang dan sudah pasti sehat dong. Ini nih bahan bahan yang diperluin sama kakak:

Cara Membuat Putu Ayu Gula Pasir

Bahan yang diperlukan:

 1 sendok the emulsifier

 200 gr gula pasir

 200 gr tepung terigu

 Kelapa parut (kelapa yang muda ya kak, biar adonanya bisa lebih padat)

 2 butir telur ayam

 200 ml santan (bisa diambil dari kelapa parut dengan cara diberi air dan diperas)

 ½ sendok teh garam

 2 tetes Pewarna hijau pandan (bisa menggunakan pandan asli dengan cara ditumbuk dan diperas airnya)

Nah begitu bahan semua uda siap, jangan lupa persiapkan peralatan ya kak, biar nggak repot ntar pas masak hehehe, yukk mari dimulai masaknya


Cara membuat putu ayu

1. Pertama tama siapkan mixer ya kak, lalu pecahkan telor dan masukkan kedalam mixer aduk hingga mengembang lalu masukkan gula secara perlahan lahan setelah mengembang dan pucat jangan lupa juga masukkan emulsifier.

2. Kecilkan mixer hingga paling kecil dan masukkan tepung terigu perlahan lahan hingga rata. Hati hati ya kak di bagian memasukkan tepung terigu karena kalau pakai mixer dengan kecepatan tinggi atau terlalu lama tepung terigu bisa panas dan matang sehingga mengakibatkan adonan menjadi matang, saya sarankan menggunakan whisk untuk mengaduk secara manual dan perlahan hingga rata

3. Kemudian setelah memasukkan terigu Kamu masukin santannya pelan pelan ya, dan diaduk hingga rata menggunakan whisk hingga tercampur rata dan sempurna

4. Adonan sudah jadi Kamu tinggal masukin aja tuh pewarna pandannya, aku saranin kak selama pearna masi bisa dibuat sendiri enak pakai yang nature kak, seperi ungu dari anggur dan hijau dari pandan agar sehat dan tubuh kita juga nggak pelan pelan rusak dikarenakan menggunakan bahan kimia terus menerus

5. Setelah itu ambil baskom kosong dan campurkan kelapa yang sudah diparut dan garam, lalu aduk hingga merata, ketika sudah tercampur rata, masukkan adonan kelapa kedalam cetakan putu ayu dan tekan tekan hingga padat, biar isinya juga padat padat gimana gituu

6. Nah cetakan uda siap itu kak, tinggal dituang aja adonan tepungnya kedalam cetakan hingga rata. Lalu dikukus deh dengan pengukusan jangan lupa apinya kecil saja ya, soalnya kalau apinya terlalu besar kuenya akan mekar.

7. Kukus kurang lebih selama 20 menit ya kak, tunggu dengan sabar biar hasilnya juga memuskan kak. Nah coba diintip tu kak kalau uda 20 menit, tusuk dengan tusuk sate dan kalau adonan masi lembab coba kukus lagi ya kak, karena itu berarti adonanya belum matang.

8. Jika adonan sudah matang, angkat dan letakkan diatas piring saji dan hidangkan selagi panas. Karena putu ayu yang baru matang sungguh lezat dilidah lo kak.

Nah sekian tu kak cara membuat putu ayu yang sehat dan home made yang enak, hayo coba aja dipraktekin, kalau berhasil lumayan buat nambah pengalaman, yuk capcus

Selamat mencoba.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar