By Siti Amini at 05.00 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Lilin menjadi salah satu penerangan yang banyak digunakan pada jaman dahulu, setelah datangnya listrik lilin hanya digunakan sebagai media penerangan darurat ketika terjadi pemadaman secara mendadak. Namun tetap saja masih banyak kegunaan lilin, salah satunya sebagai aroma terapi yang bisa menenangkan. Sekarang ini banyak orang menggunakan lilin hias sebagai media penerangan sekaligus mempercantik ruangan, agar mendapatkan lilin hias sesuai dengan keinginan akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri, karena memang cara membuat lilin hias tidaklah sulit dan memakan waktu lama, bahkan anda bisa membuat sendiri lilin hias tanpa bantuan dari orang lain.


Cara Membuat Lilin Hias Sederhana

Pembuatan lilin hias tidak akan memakan banyak waktu dan membutuhkan keahlian khusus, bahkan anda bisa mempelajari cara membuat lilin hias sambil membuatnya karena memang sangat praktis. Ada beberapa cara dalam pembuatan lilin hias, anda bisa memilih salah satunya yang lebih mudah dan bisa anda lakukan.

Ada beberapa cara dalam pembuatan lilin hias, anda bisa memilih salah satunya yang dianggap paling mudah, ini salah satu cara membuat lilin hias, pertama anda membutuhkan beberapa bahan dan juga alat alat dalam pembuatannya.

Alat alat yang akan anda perlukan sebagai berikut :

  • kompor.
  • Panci yang terbuat dari bahan stainless steel, ukurannya tergantung dari banyak atau sedikit pembuatan lilin hias.
  • Pengaduk dari bahan kayu.
  • Cetakan, bisa menggunakan cetakan ukuran dan bentuk apapun namun usahakan tidak dari bahan plastic karena ditakutkan akan meleleh.


Bahan 

Bahan bahan yang harus dipersiapkan dalam pembautan lilin hias, sebagai berikut :


  • Sumbu, jumlahnya di sesuaikan dengan banyaknya lilin yang akan dibuat.
  • Plastisin atau isolasi, usahakan dari bahan tahan panas dan berwarna bening.
  • Parafin dan stearin, jumlahnya disesuaikan dengan jumlah lilin yang akan dibuat.
  • Pewarna, jumlah dan warna bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Manik manic dan pasir berwarna, gunakan sebagai hiasan.

Cara pembuatan:

Langkah selanjutnya dalam cara membuat lilin hias adalah proses pembuatannya, ini yang menjadi titik penting apakah nantinya lilin bisa jadi dengan sempurna atau tidak. Berikut ini tahapan yang anda harus ikuti dengan baik dan berurutan :

- Panaskan parafin padat hingga meleleh, jumlahnya harus anda perhatikan agar bisa cukup dalam cetakan nantinya.

- Tambahkan stearin ke paraffin yang sudah menjadi cairan, aduk hingga merata. Untuk pertandingan percampuran antara paraffin dan stearin adalah 1 : 2, hasil lilin akan lebih baik jika memperbanyak stearing agar lilin hias bisa mengeras dengan sempurna.

- Campurkan pewarna, agar lilin tidak hanya berwarna putih, untuk takaran bisa anda sesuaikan dengan melihat tampilan cairan.

- Setelah campuran stearin dan paraffin tercampur, matikan kompor dan diamkan sejenak tetapi jangan sampai kering nanti akan mengeras.

- Persiapan cetakan yang telah diberi sumbu menghadap ke atas, pada bagian dasar rekatkan dengan menggunakan isolasi atau plastisin.

- Tuangkan campuran stearin dan paraffin ke dalam cetakan, tunggu hingga beberapa menit atau lilin mengeras, kemudian taburkan pasir warna dan juga manic manic sebagai aksesories tambahan.

Catatan tambahan dalam cara membuat lilin hias, jika anda menggunakan cetakan berbahan plastic pasti akan lebih sulit untuk melepaskan, jangan dipaksa nanti akan timbul retakan atau patahan. Cara melepaskan cetakan yang benar dengan di diamkan pada lemari pendingin, ini akan membuat lilin terpisah dengan cetakan dengan sendirinya. Jika sumbu tidak bisa menyala dengan terang, sebelum digunakan lebih baik untuk merendam dalam air garam selama 3 jam dan keringkan sebelum digunakan.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan cara membuat lilin hias dengan tehnik di atas? Ini bisa anda lakukan sendiri dan mulai berkreasi membuat lilin sehingga tidak akan sama seperti yang dijual pasaran, namun harus anda perhatikan alat alat yang telah digunakan membuat lilin lebih baik tidak digunakan untuk memasak karena mengandung beberapa bahan kimia.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar