By Siti Amini at 23.36 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Sekarang lagi jaman sakit flu nihh, aku juga kena radang, sakit banget loo, kadang nggak bisa menelan makanan dan juga nafsu makan jadi hilang. Tetapi aku juga punya solusi loh dengan menggunakan daun sirih. Manfaat daun sirih sangat banyak, salah satunya untuk mengatasi radang tenggorokan saya. Cekidot deh.

Daun Sirih! Tanaman yang biasa banyak diadikan tanaman rambat dirumah ini dan juga sering digigit sama emak emak itu ternyata adalah salah satu obat tardisional loh! Bagi infosaja buat yang belum tahu sih. Kalau ngeliat tanaman rambat dirumah rumah kadang kita mikir, ih masak itu bagus buat kesehatan sih? nggak percaya aku, paling Cuma buat pajangan doang.




Salah banget kalau pemikiran kakak kayak gitu! Daun sirih banyak banget lo manfaatnya, kalau kita lihat oma oma yang sering ngunyah sirih giginya tetep putih itu karena ada suatu kandungan dalamnya yang menjaga gigi tetap sehat serta mengobati sakit gigi, menghilangkan bau mulut dan satu yang pasti. Menghilangkan sariawan. Kalau menurut kakak sariawan itu penyakit yang sepele, mari jangan kita sepele kan. Kakak tahu jika kakak terkena sariawan dilidah sakitnya bakal luar biasa MANTAP. Jadi susah makan dan nelen, penyiksaan tersendiri gitu.

Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah Untuk Kecantikan

1. Mengobati luka bakat

Kalau penyakit diluar tubuh berguna buat penyakit luka bakar lo, ini nih kalau kita nonton film orang dihutan lalu ada daun yang di taro diatas luka digigit binatang atau abis kebakaran lalu pemeran utamanya kena luka bakar kemudian nyasar gitu entah berantah (biasa ke desa) dikais hijau hijau yaps benar sekali itu adalah sirih. Jadi daun sirih yang ditumbuk tentu berguna bagi kesehatan kulit kita. Tepatnya sari daun yang ditumbuk.

Caranya seperti ini:

  • Tumbuk daun sirih sampai agak lembut, campur dengan sedikit madu
  • Oleskan pada kulit yang terluka, tunggu beberapa menit lalu bersihkan
2. Mengobati gatal gatal pada kulit


Ternyata manfaat daun sirih  juga berguna untuk mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan karena alergi, eksim atau terkena serangga, dengan cara yang sama ditumbuk juga.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih
  • Oleskan pada kulit yang mengalami gatal, ulangi secara teratur

3.  Mengatasi jerawat

Jangan lupa juga daun sirih juga berguna buat mengobati jerawat membandel. Jadi buat kakak yang bangun bangun lalu ngaca dan histeris karena tiba tiba ada jerawat muncul diwajah kakak yang mulus itu sudah olesin saja tumbukan daun sirih lalu diemin sejam.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih
  • Oleskan tumbukan daun sirih tadi pada wajah yang terdapat jerawat
  • Tunggu sejam kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan menggunakan air dingin

Lakukan tips diatas secara rutin dijamin jerawat akan kempes lalu hilang dalam beberapa hari.

4. Menghilangkan bau badan

Dan juga buat kakak yang suka makan bawang nih, atau terlalu sering olahraga sehingga bau badannya nggak enak daun sirih juga berguna loh buat ngobatin bau ketek! Kan ew gitu kalo cowok sudah keren keren macho eh pas didekati malah bau ketek bikin ilfeel banget, sama ini kasusnya buat yang mbak mbak sudah keren, full make up, rambut uda perfect, kulit putih mulus tak bernoda eh tau taunya bau ketek, duh ilfeel langsung para cowok! Ayoo diolesin sirihnya biar bau badan berkurang.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih sampai halus
  • Oleskan pada ketiak setelah mandi secara teratur

5. Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan


Zat anti bakteri pada daun sirih sangat berguna untuk mengatasi kuman penyebab keputihan.

Caranya:
  • Rebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih
  • Minum air rebusan tersebut secara teratur atau bisa juga digunakan untuk membersihkan area V saat air masih hangat

6. Mengatasi sariawan

Cara I:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih
  • Kunyah kunyah daun sirih sampai lembut dan biarkan didalam mulut untuk beberapa saat
  • Kumur kumur dengan air sampai bersih
Cara II:
  • Ambil beberapa lembar daun sirih
  • Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih
  • Sisakan air rebusan tinggal 1 gelas, tunggu hingga hangat hangat kuku lalu gunakan untuk berkumur kumur secara teratur. Bisa juga digunakan dengan cara diminum

7. Mengatasi gusi bengkak

Caranya:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian kunyah hingga lembut
  • Kumur kumur dengan air hangat, ulangi secara teratur sampai sakit gigi dan gusi yang membengkak sembuh
8. Melancarkan haid yang tidak teratur

Caranya:
  • Rebus daun sirih kemudian minum rebusan air sirih tersebut secara teratur
9. Menghentkan mimisan

Caranya:
  • Gunakan daun sirh untuk menyumbat hidung yang mimisan. Hindari menengadahkan kepala keatas, posisikan kepala menunduk ke bawah

10. Mencegah keriput

Caranya:

  • Rebus daun sirih sampai mendidih kemudian tunggu hingga dingin, gunakan untuk membasuh wajah secara teratur
11. Mengobati sakit mata

Caranya:
  • Rebus 1 lembar daun sirih dengan 1/2 gelas air
  • Gunakan untuk membasuh mata
12. Mengobati asma


Nah buat yang plaing terakhir, kita tahu sendiri bahwa asma bukanlah penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Kita harus mengatur jantung kita agar menjadi lebih sehat, dengan berenang dan menghindari asap berbahaya seperti rokok. Nah minum rebusan air sirih dapat membantu kita dalam menyembukan penyakit asma yang satu ini.

Caranya:

  • Rebus daun sirih hijau 4 lembar engan 1 gelas air
  • Sisakan air rebusan tinggal setengah gelas, minum secara teratur


Itu lah beberapa penyakit yang dapat kita sembuhkan dengan mengambil ,anfaat daun sirih dengan cara  diminum atau pun olesan (tumbukan) daun sirih. Deket dengan kita tetakadang kita nggak sadar kan apa saja kemampuan tumbuhan yang berada disekitar kita. Tapi yang dibahas diatas itu adalah sirih hijau dan merah saja, karena sirih ada 3 macam. Jadi yuk kita perhatikan tanaman herbal Indonesia.

Baca juga:


Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar